Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Optimistis Peluncuran Satelit Sesuai Jadwal

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk optimistis peluncuran satelit BRIsat mereka akan sesuai jadwal di kuartal II/2016.
Peluncuran satelit/Ilustrasi
Peluncuran satelit/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank Rakyat Indonesia Tbk optimistis peluncuran satelit BRIsat mereka akan sesuai jadwal di kuartal II/2016.

BRI saat ini juga masih merampungkan pembangunan stasiun bumi untuk keperluan operasional satelit yang mengorbit di 150,5 derajat Bujur Timur itu. Stasiun bumi itu dibangun di kawasan Pasar Minggu, Jakarta.

Sekretaris perusahaan BRI Budi Satria menegaskan program satelit diharapkan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Adapun pembangunan stasiun bumi ditargetkan sudah selesai sebelum program uji coba satelit dilakukan.

“Semua prasarana harus sudah siap sebelum uji coba dan peluncuran,” katanya kepada Bisnis, Selasa (12/8/2014).

Direktur Utama BRI Sofyan Basir sebelumnya mengatakan dari alokasi dana sebesar US$250 juta untuk pengadaan satelit masih tersisa sekitar US$20 juta. Dana pembangunan stasiun bumi sudah termasuk ke dalam alokasi tersebut.

Dalam program satelit BRIsat ini BRI bekerja sama dengan Space System/Loral (SSL) asal Amerika Serikat dan Arianespace asal Prancis sebagai pemenang pengadaan satelit. BRIsat memiliki usia desain lebih dari 15 tahun dengan jumlah transponder mencapai 54 ekuivalen. Sebanyak empat transponder akan diserahkan penggunaannya kepada negara.

BRI mengklaim akan menghemat dana hingga Rp200 miliar per tahun jika memiliki satelit sendiri. Pasalnya selama ini BRI mengeluarkan dana hingga Rp500 miliar per tahun untuk biaya komunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper