Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PNM & Jiwasraya Luncurkan Kartu Keanggotaan UMKM Di Manado

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM bekerjasama dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) meluncurkan kartu keanggotaan kedua BUMN itu di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

Bisnis.com, MANADO—PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM bekerjasama dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) meluncurkan kartu keanggotaan kedua BUMN itu di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (19/10/2014).

Presiden Direktur PNM Parman Nataatmadja menuturkan itu menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang telah dilakukan bersama Direktur Utama Jiwasraya, Hendrisman Rahim.

Kedua perusahaan sebelumnya melakukan kerja sama berupa sinergi pembiayaan mikro (microfinancing) dan asuransi mikro (microinsurance) untuk memberdayakan para pelaku usaha mikro dan kecil.

Sebagaimana diketahui, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) telah terbukti menjadi akar bagi perekonomian nasional yang eksistensinya terbukti bertahan kuat di Indonesia selama krisis moneter yang terjadi pada 1998 lalu.

Ini membuktikan pengusaha UMKM memiliki modal dari segala sisi yang siap bersaing dengan pengusaha besar lainnya. Di sinilah PNM hadir dengan memberikan bantuan modal dan pendampingan serta pelatihan usaha yang membuat PNM berbeda dengan lembaga pembiayaan lainnya.

Menurut Parman, kerja sama ini sejalan dengan upaya pengembangan kapasitas usaha (capacity building) bagi pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya, pemberdayaan UMKM tidak hanya sekadar butuh permodalan saja, tetapi juga program capacity building.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper