Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Uang Beredar Meningkat

Bank Indonesia mencatatkan pertumbuhan likuiditas perekonomian M2 (uang Beredar dalam arti luas) pada Oktober 2014 kembali meningkat.

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia mencatatkan pertumbuhan likuiditas perekonomian M2 (uang Beredar dalam arti luas) pada Oktober 2014 kembali meningkat.

Adapun posisi M2 pada Oktober 2014 tercatat sebesar Rp4.024 triliun, atau tumbuh 12,5% year on year, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan September 2014 yang sebesar 11,9% year on year.

"Peningkatan pertumbuhan terutama berasal komponen Uang Kuasi," tulis Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Peter Jacobs dalam keterangan resmi, Senin (8/12/2014).

Uang kuasi adalah dana pihak ketiga yang terdiri dari simpanan berjangka dan tabungan baik rupiah maupun valas serta simpanan giro valas.

Dia menambahkan pertumbuhan komponen M1 (Uang kartal dan simpanan giro rupiah) dan Uang Kuasi masing-masing tercatat sebesar 9,8% y-o-y dan 13,7% y-o-y, meningkat dari bulan sebelumnya yang sebesar 9,4% y-o-y dan 13,1% y-o-y.

Berdasarkan faktor yang mempengaruhi, naiknya pertumbuhan M2 pada bulan Oktober 2014 dipengaruhi oleh ekspansi operasi keuangan pemerintah ditengah pertumbuhan kredit yang masih melambat.

Peter menuturkan hal tersebut sesuai pola tahunannya, ekspansi keuangan Pemerintah terjadi pada triwulan terakhir sejalan dengan peningkatan aktivitas belanja Pemerintah menjelang akhir tahun.

Sementara itu, kredit perbankan pada Oktober 2014 tercatat sebesar Rp3.587,4 triliun tumbuh 12,4% year on year, melambat dibandingkan September 2014 12,6% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper