Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Tingkatkan Literasi untuk Pelajar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggenjot tingkat literasi dan inklusi keuangan di masyarakat pada tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggenjot tingkat literasi dan inklusi keuangan di masyarakat pada tahun ini.

Rencananya, OJK akan menyasar edukasi literasi keuangan kepada para pelajar baik tingkat SD, SMP, dan SMA sepanjang 2015.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono mengatakan berdasarkan riset yang dilakukan OJK pada 2013 menunjukkan tingkat literasi keuangan dan inklusi keuangan masih sangat rendah.

"Pemanfaatan layanan keuangan oleh masyarakat masih sangat kurang. Salah satu solusinya adalah melakukan edukasi," ujarnya saat peluncuran buku Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan di SMP Lab School Kebayoran, Senin (23/2/2015).

Jumlah siswa di Indonesia dari tingkat SD, SMP, dan SMA mencapai 37,7 juta jiwa.

Dengan memberikan edukasi keuangan kepada pelajar akan memperoleh bekal pengetahuan dan keterampilan penggunaan produk dan jasa keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan di masa depan.

OJK menargetkan literasi dan inklusi keuangan akan tumbuh 2% sepanjang 2015.

Literasi keuangan sepanjang 2014 mencapai 23% bertumbuh dari tahun sebelumnya sebesar 21,8%, sedangkan untuk inklusi keuangan tahun lalu mencapai 61,7% dari tahun 2013 yang hanya sebesar 59,7%.

"Dengan target literasi dan inklusi keuangan yang tumbuh 2%, terdapat 4,1 juta jiwa yang harus ditingkatkan, baik literasi maupun inklusinya," ucap Kusumaningtuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper