Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mengatur Keuangan Pakai Metode 50, 30, dan 20

Mengatur keuangan menjadi salah satu prioritas yang dilakukan oleh seluruh masyarakat.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang bisa mengatur keuangan, akan terlepas dari masalah utang dan masalah perekonomian, bila mampu memanajemen dengan baik pemasukan dan pengeluaran.

Mengatur keuangan menjadi salah satu prioritas yang dilakukan oleh seluruh masyarakat. Keuangan menjadi sebuah ujung tombak atas keberhasilan maupun kegagalan yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Cara yang tepat untuk mengatur keuangan supaya aman dalam waktu jangka panjang, dapat dipertimbangkan dengan beberapa cara salah satunya adalah metode 50, 30, dan 20. Metode tersebut dilakukan dengan membagi secara khusus sesuai kebutuhan dan keinginan yang bersifat biasa hingga prioritas.

Dalam mengatur keuangan, Anda harus mengelompokkan seluruh kebutuhan sesuai list dan urgensi yang tepat. Perlu diingat, bahwa keuangan akan menghabiskan jumlah yang sangat banyak apabila tidak ditempatkan sesuai dengan peran dan kebutuhannya.

Maka dari itu, penerapan metode 50, 30, dan 20 dapat dicoba sebagai opsi mengatur keuangan dengan mudah dan tepat. Dilansir dari citizensbank.com, sistem dari metode 50, 30, dan 20 adalah:

1. 50% untuk kebutuhan

Kebutuhan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan. Peran dari kebutuhan adalah menunjang seluruh kehidupan manusia seperti bahan makanan, listrik, rumah, asuransi, dan lainnya. Semua hal tersebut merupakan prioritas pertama yang harus disisipkan dalam setiap pengeluaran. 

Anda harus menyisihkan 50% dari pendapatan, untuk pemenuhan kebutuhan. Dari jumlah tersebut, pastikan semua list kebutuhan dapat tercukupi dan kembali pada prinsip membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

2. 30% untuk keinginan

Keinginan merupakan suatu hal yang sudah direncanakan untuk dilakukan. Maka dari itu, sebelum melakukan suatu hal sesuai dengan keinginan, maka persiapkan dana yang cukup untuk menunjang dan meraih keinginan tersebut.

Anda harus menyisihkan pendapatan sebesar 30%, supaya tidak memangkas biaya lainnya. Pastikan keinginan yang Anda pilih, merupakan suatu hal yang bermakna dan berkesan bagi kehidupan. Contohnya adalah membeli tiket liburan, mengikuti gym, dan hangout bersama teman-teman. 


3. 20% untuk menabung

Menabung merupakan suatu kegiatan menyisihkan uang untuk mengumpulkan sisa dana dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tujuan dari menabung adalah mempersiapkan dana tak terduga dan tabungan untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Menyisihkan 20% dari pendapatan Anda, merupakan salah satu opsi yang tepat, bahkan dapat dilakukan dalam persentase yang lebih ketika semua kebutuhan sudah terpenuhi. Anda dapat memanfaatkan tabungan tersebut untuk modal menikah, membeli rumah, investasi, dan sebagainya. Seluruh isi dari tabungan tersebut harus digunakan secara bijak, untuk  menunjang kehidupan seumur hidup.

Penjelasan mengenai metode tersebut dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari seluruh hal yang sudah disampaikan, selalu mengacu pada pemenuhan kebutuhan yang harus dilakukan secara tepat. Anda harus menanamkan yang namanya skala rioritas dan batasan untuk mengatasi pengeluaran secara over budget. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper