Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cathay Life Taiwan Borong Saham Bank Mayapada Rp2,07 Triliun

Cathay Life Insurance, anak usaha Cathay Financial Holding Taiwan memborong 24,9% saham PT Bank Mayapada Internasional Tbk dari Summertime Ltd dan Briliant Bazaar Pte Ltd.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Cathay Life Insurance, anak usaha Cathay Financial Holding Taiwan memborong 24,9% saham PT Bank Mayapada Internasional Tbk dari Summertime Ltd dan Briliant Bazaar Pte Ltd.

Dalam keterbukaan informasi yang dipublikasikan perseroan pada Selasa (9/6/2015) Hariyono Tjahjarijadi, Direktur Utama Bank Mayapada, mengatakan transaksi pembelian saham perseroan dilakukan pada 3 Juni 2015.

Cathay Life memborong semua saham milik Summertime sebanyak 877.669.875 lembar saham atau 22,43% dari total saham senilai Rp1,865 triliun. Selain itu, Cathay Life juga membeli 96.694.011 lembar saham milik Briliant Bazaar dengan harga per lembar Rp2.125.

Alhasil, total saham yang dibeli Cathay Life mencapai 974.363.886 lembar saham atau 24,9% dari total saham Bank Mayapada.

Ming Ho Hsiung, Presiden Cathay Life, mengatakan pembelian saham Bank Mayapada dimaksudkan untuk mencari peluang pasar dalam jangka panjang di Indonesia.

Sebelumnya, Hariyono mengatakan kehadiran Cathay Life dalam struktur pemegang saham perseroan akan memberikan dampak bisnis yang signifikan. "Bagi kami ini sinergi karena kami tidak perlu lagi punya kantor operasional di Asia Tenggara," katanya.

Menurutnya, sinergi jaringan operasional merupakan aspek penting untuk menghadapi persaingan yang diperkirakan makin sengit saat integrasi perbankan Asia Tenggara berlangsung pada 2020 mendatang.

Hariyono menyebut, Bank Mayapada siap bekerjasama dengan sister company Cathay Life, yakni Cathay United Bank untuk beberapa bisnis bank, mencakup bisnis remittance, trade finance, dan produk-produk bank koresponden.

Kendati Cathay Life mengempit 24,9% saham Bank Mayapada, Hariyono memastikan posisi pemegang saham pengendali tetap dipegang PT Mayapada Karunia Corporation dengan porsi saham 26,03%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper