Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Gelar Talkshow Merencanakan Keuangan Keluarga

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar edukasi keuangan di Asrama Haji Bekasi bertema Mengelola Keuangan Keluarga Menjadi Lebih Berkah.n
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, BEKASI--Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar edukasi keuangan di Asrama Haji Bekasi bertema Mengelola Keuangan Keluarga Menjadi Lebih Berkah.


Acara ini sebagai rangkain implementasi cetak biru Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2015, khususnya pilar utama yakni edukasi dan kampanye nasional literasi keuangan.


Lasmaida S. Gultom, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK mengatakan sebelumnya OJK telah menggelar acara serupa di Sentul pada Jumat (26/6/2015). Kegiatan yang bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dihadiri oleh 250 peserta.


Berdasarkan data dari Survei Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) menunjukkan indeks utilitas produk dan jasa keuangan di Indonesia sebesar 59,74%.


"OJK memandang perlu terus mendorong peningkatan tingkat utilitas sehingga terciptanya masyarakat keuangan yang baik," katanya, Selasa (30/6/2015).


Melalui kegiatan tersebut, dia mengharapkan, terwujudnya masyarakat yang 'well literate', sehingga mendorong masyarakat lebih bijak dalam mengelola penghasilan.


Pelaksanaan program literasi keuangan tidak hanya membutuhkan infrastruktur yang memadai namun diperlukan juga fasilitatro yang pro aktif dalam melakukan edukasi.


Menurut Lasmaida hambatan masyarakat untuk mengakses sektor jasa keuangan bukan hanya mengenai ketersediaan lembaga jasa keuangan di sekitar masyarakat, melainkan juga karena masih adanya keengganan masyarakat untuk mengetahui lebih dalam untuk memanfaatkan produk dan jasa keuangan.


"Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan OJK, Lembaga Jasa Keuanga (LJK), serta produk dan jasa keuangan sesuai kebutuhan di bidang perbankan, perasuransian, lembaga pembiayaan, dana pensiun, pasar modal dan pergadaian."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhamad Hilman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper