Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Bank Milik Sampoerna Group Melejit Hingga 88%

Pada paruh pertama tahun ini, kredit PT Bank Sahabat Sampoerna melejit hingga sebesar 88% saat bank-bank lain tengah mengencangkan ikat pinggang. Pertumbuhan kredit yang tinggi turut mendongrak posisi aset hingga 78%.
Bank Sahabat Sampoerna
Bank Sahabat Sampoerna

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada paruh pertama tahun ini, kredit PT Bank Sahabat Sampoerna melejit hingga sebesar 88% saat bank-bank lain tengah mengencangkan ikat pinggang. Pertumbuhan kredit yang tinggi turut mendongrak posisi aset hingga 78%.

Ali Rukmijah, Direktur Utama Bank Sampoerna, mengatakan portofolio kredit perseroan per Juni 2015 mencapai Rp3,79 triliun. Sebanyak 77% dari total portofolio kredit disalurkan ke segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menurut Ali, kendati tumbuh agresif, kualitas kredit yang disalurkan perseroan tetap terjaga. Ini tercermin dari penurunan rasio kredit bermasalah atau non performing loan dari 3,2% per Juni 2014 menjadi 1,9% per Juni 2015.

"Ini sejalan dengan komitmen kami untuk konsisten menerapkan manajemen risiko yang prudent," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (9/7/2015).

Sejalan dengan pertumbuhan kredit, posisi aset Bank Sampoerna meningkat 78% menjadi Rp4,9 triliun.

Ekspansi kredit yang tinggi juga turut mendorong peningkatan pendapatan Bank Sampoerna. Ali mengatakan, laba kotor perseroan per Juni 2015 mencapai Rp28,9 miliar, lebih tinggi dari posisi Juni 2014 sebesar Rp5,2 miliar.

"Penetapan resementasi fokus bisnis pada lower ticket size yang dapat memberikan hasil tinggi telah mampu menopang pertumbuhan Bank Sampoerna aspek top line maupun bottom line sehingga menjadi modal utama talam peningkatan pertumbuhan yang lebih cepat dan berkesinambungan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper