Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA SEMESTER I/2015: Laba Bank Panin Terkoreksi 12,6%

PT Bank Panin Tbk. mencatatkan perolehan laba komprehensif senilai Rp1,39 miliar pada semester I/2015 atau terkoreksi 12,6% dari Rp1,59 triliun di periode yang sama tahun lalu.
Karyawan PT Bank Panin Tbk tengah menawarkan produk kepada nasabah./Bisnis.com
Karyawan PT Bank Panin Tbk tengah menawarkan produk kepada nasabah./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Panin Tbk. mencatatkan perolehan laba komprehensif senilai Rp1,39 triliun pada semester I/2015 atau terkoreksi 12,6% dibandingkan dengan laba pada periode yang sama tahun lalu Rp1,59 triliun.

Presiden Direktur Bank Panin Herwidayatmo mengatakan perolehan laba tersebut terutama disumbang dari pendapatan bunga bersih yang mencapai Rp3,35 triliun atau meningkat 13,3% dibanding periode yang sama tahun 2014 sebesar Rp2,96 triliun. Adapun pertumbuhan pendapatan bunga bersih tersebut ditopang kenaikan kredit.

"PaninBank mencatat pertumbuhan kredit menjadi Rp124,96 triliun pada semester I 2015 atau meningkat 5,8% dibanding periode yang sama tahun 2014," jelas Herwidayatmo dalam siaran persnya, Rabu (29/7/2015).

Pada paruh pertama tahun ini, menurut Herwidayatmo, kredit segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengalami pertumbuhan sebesar 4,6% dan mencapai Rp40,5 triliun. Sementara itu, pinjaman konsumen termasuk kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB) mencapai Rp30 triliun.

Herwidayatmo merinci hingga semester I/2015, porsi kredit ritel di perusahaan menempati 70,8% dari total kredit yang diberikan, sedangkan sisanya kredit segmen korporasi.

Dengan peningkatan kredit tersebut, total aset meningkat Rp6,47 triliun menjadi Rp174,44 triliun. Adapun, Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat naik 1,2% menjadi Rp123,28 triliun.

Menurut Herwidayatmo, pihaknya pun terus meningkatkan ekuitas bank yang kini telah mencapai Rp24,46 triliun, dengan CAR sebesar 16,45%.

Adapun, hingga kini jaringan kantor Bank Panin mencapai 560 kantor dan lebih dari 1020 ATM Panin yang tersebar di 33 provinsi dari Aceh hingga Jayapura. Emiten berkode saham PNBN ini juga terus meningkatkan sinergi dan cross selling dengan anak perusahaan, yakni PT Clipan Finance Indonesia Tbk, PT Verena Multi Finance Tbk dan PT Bank Panin Syariah Tbk, yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan usaha dan pendapatan bank secara berkesinambungan.

Untuk mendukung pertumbuhan simpanan, Bank Panin juga meluncurkan program Tabungan Panin Super Bonanza 2015, dengan total hadiah sebesar Rp100 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper