Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kapal Berbobot 118,5 Ton yang Digunakan BRI untuk Sambangi Pesisir

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan Teras BRI kapal untuk menjangkau masyarakat pesisir kepulauan yang selama ini belum dapat menikmati layanan perbankan.
Teras BRI Kapal/bri.co.id
Teras BRI Kapal/bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan Teras BRI kapal untuk menjangkau masyarakat pesisir kepulauan yang selama ini belum dapat menikmati layanan perbankan.

Teras BRI kapal merupakan unit kerja operasional lengkap di atas kapal. Peluncuran program ini merupakan upaya BRI untuk menjembatani kesulitan akses yang dialami masyarakat daerah terpencil, khususnya di wilayah pesisir kepulauan yang belum terjangkau pelayanan perbankan atau bahkan belum mengenal produk perbankan.

Untuk tahap awal, Teras BRI kapal ini akan beroperasi di wilayah Kepulauan Seribu. Kapal yang digunakan bernama Bahtera Seva I ini akan berkeliling mendatangi lima titik singgah melayani enam pulau di Kepulauan Seribu dengan jadwal mulai dari Senin hingga Jumat dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

Adapun keenam pulau tersebut adalah Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan, dan Pulau Panggang.

Layanan yang diberikan dalam program ini sama dengan yang dijumpai di kantor BRI pada umumnya, antara lain produk simpanan dan pinjaman hingga pembayaran. Kemudian, tersedia pula tambahan kas bagi agen BRILink yang merupakan kepanjangan tangan layanan BRI yang dilakukan oleh nasabah BRI.

Selain itu, kapal dengan bobot 118,5 ton ini juga menghadirkan satu unit Automated Teller Machine (ATM) di atas kapal yang akan berfungsi selama 24 jam secara online.

Corporate Secretary BRI Budi Satria mengatakan sebagai microbanking yang telah mengakar di tengah masyarakat Indonesia, BRI senantiasa mengembangkan dan membangun layanannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Kami berharap dengan hadirnya Teras BRI kapal, masyarakat yang mendiami wilayah pesisir dan Kepulauan Seribu yang jauh dari pusat kota dapat turut menikmati layanan jasa keuangan perbankan untuk menunjang aktivitas ekonomi sehari-hari," katanya, Selasa (4/8/2015).

Selain Kepulauan Seribu, BRI juga tengah menjajaki kemungkinan peluncuran Teras BRI kapal di gugusan pulau lainnya di wilayah Ternate, Bau-bau, Tanjung Selor, serta wilayah kepulauan lainnya di Indonesia.

Hingga akhir Juni 2015, BRI telah memiliki 10.479 unit kerja operasional yang terhubung secara real time online, 2.125 ATM, 153.786 Electronic Data Capture (EDC), 426 Cash Deposit Machine (CDM), dan 55 E-Buzz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper