Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transformasi BPD, Bank Sulut Gorontalo Siapkan Layanan Keuangan Digital

PT Bank Sulut Gorontalo mulai mempersiapkan sistem untuk mendukung layanan keuangan digital sebagai salah satu wujud transformasi Bank Pembangunan Daerah.
 Bank Sulut/banksulut.co.id
Bank Sulut/banksulut.co.id

Bisnis.com, MANADO-- PT Bank Sulut Gorontalo mulai mempersiapkan sistem untuk mendukung layanan keuangan digital sebagai salah satu wujud transformasi Bank Pembangunan Daerah.

Meski masih berstatus bank dengan buku dua, PT Bank Sulut Gorontalo (Bank Sulutgo) tengah meningkatkan sistem pelayanan dan teknologi informasi. Sebagai tahap awal, perseroan ini menggalakkan sistem penjemputan bola kepada para nasabah.

“Ini kan termasuk program inklusi keuangan agar memudahkan transaksi masyarakat ke perbankan. Terutama di kepulauan, layanan penjemputan misalnya untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan sudah dilakukan,” kata Direktur Utama Bank Sulut Johanis Ch. Salibana di Manado, Selasa (6/10/2015).

Di sejumlah wilayah kepulauan, layanan perbankan Bank Sulutgo dipermudah dengan kehadiran sekitar tiga mobil kas keliling. Kendati sistem yang digunakan masih manual, dirinya mengungkapkan pelayanan tersebut merupakan langkah awal Bank Sulutgo dalam membangun layanan keuangan terpadu.

Dalam rencana strategis tahun ini, dirinya menyebutkan upaya perseroan dalam mewujudkan layanan keuangan digital (LKD) juga diperkuat dengan ambisi Bank Sulutgo untuk menggenjot modal disetor minimal Rp1 triliun sehingga berubah menjadi bank buku dua.

“Rencananya tahun ini memang karena kebutuhannya cukup mendesak. Tapi semua itu saya serahkan ke pemegang saham karena kapasitas saya bukan dalam hal itu,” tambahnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, 10 dari 26 Bank Pembangunan Daerah (BPD) masuk permodalan umum buku satu. Sementara itu, hanya ditemui dua BPD yang masuk level buku tiga atau modal inti lebih dari Rp5 triliun, mereka adalah Bank Jatim dan Bank Jabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper