Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daya Beli Masyarakat Melemah, PNM Pesimistis Penyaluran Kredit Capai Target

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) memperkirakan penyaluran kredit tahun tidak akan sesuai target Rp2 triliun, karena kondisi melemahnya daya beli masyarakat.

Bisnis.com, DENPASAR-- PT Permodalan Nasional Madani (Persero) memperkirakan penyaluran kredit tahun tidak akan sesuai target Rp2 triliun, karena kondisi melemahnya daya beli masyarakat.

Dirut PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Parman Nataatmadja menyampaikan‎ penyaluran kredit di perusahaan pelat merah ini diprediksi hanya mencapai Rp1,9 triliun. Hingga Oktober, kredit yang sudah disalurkan oleh PNM baru mencapai Rp1,7 triliun.

"Tahun ini daya beli menurun, mungkin itu yang membuat pengrajin enggan pinjem dulu kredit," jelasnya ditemui di Seminyak, Minggu (25/10/2015).

Menurutnya, sejumlah pelaku UKM yang menjadi debitur PNM pada tahun ini mengalami penurunan omset. Dampak terparah, lanjutnya, dialami pelaku UKM yang lokasinya berada di sekitar produksi komoditas batubara dan kepala sawit di Kalimantan.

Akibat turunnya harga komoditas, banyak pengusaha UKM seperti di Batulicin, Kalimantan omsetnya turun. Kendati demikian, ada segelintir pelaku usaha yang omsetnya naik.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, PNM membuka pasar ke Indonesia Timur dan Barat, khususnya daerah yang tidak mengandalkan sektor komoditas. Salah satu wilayah yang menjadi andalan penyaluran kredit adalah Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper