Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung KPR, SMF Kucurkan Pinjaman Rp700 Miliar ke BTN

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) mengucurkan dana pinjaman refinancing senilai Rp700 miliar bagi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. untuk mendukung ekspansi kredit bank spesialis perumahan tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) mengucurkan dana pinjaman refinancing senilai Rp700 miliar bagi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. untuk mendukung ekspansi kredit bank spesialis perumahan tersebut.

 

Direktur Utama SMF Raharjo Adisutatnto mengatakan kerja sama refinancing kredit pemilikan rumah (KPR) menjadi salah satu solusi untuk memecahkan problem perumahan di Indonesia. Skema ini, tambah dia, sekaligus menguntungkan perbankan karena bank tak kehilangan pencatatan aset KPR dalam pembukuan.

 

“Dengan kerja sama ini, total pinjaman yang disalurkan SMF ke BTN pada 2015 mencapai Rp2,7 triliun. Pinjaman jangka menengah ini diharapkan juga dapat memperbesar pendanaan untuk program satu juta rumah,” jelas Raharjo usai penandatanganan nota kerja sama pinjaman refinancing SMF dan BTN di Jakarta, Senin (9/11/2015).

 

Hingga akhir tahun nanti, SMF sendiri masih akan menyalurkan pinjaman senilai Rp580 miliar. Raharjo merinci, akan ada dua institusi perbankan yang bakal menerima pinjaman dari SMF. “Ada bank konvensional dan bank syariah yang sedang dijajaki,” sebut dia.

 

Adapun, untuk pinjaman dengan tenor 1 tahun ini, BTN dikenakan bunga sebesar 8,5% per tahun.

 

“Dana tersebut akan digunakan sebagai dana pendamping KPR FLPP [kredit pemilikan rumah subsidi]. Dana ini akan menguatkan pendanaan BTN,” jelas Direktur Treasury & Asset Management BTN Iman Nugroho Soeko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper