Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terbitkan Efek Beragun Aset, SMF Gandeng IBPA

Perusahaan pembiayaan sekunder PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) bekerja sama dengan perusahaan PT Penilai Harga Efek Indonesia atau (Indonesia Bond Pricing Agency/IBPA) terkait rencana penerbitan efek beragun aset surat partisipasi (EBA-SP) pada akhir November 2015.
Ilustrasi PT SMF
Ilustrasi PT SMF

Bisnis.com, JAKARTA--Perusahaan pembiayaan sekunder PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) bekerja sama dengan perusahaan PT Penilai Harga Efek Indonesia atau (Indonesia Bond Pricing Agency/IBPA) terkait rencana penerbitan efek beragun aset surat partisipasi (EBA-SP) pada akhir November 2015.

Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan IBPA akan melakukan penilaian dan penetapan harga pasar wajar EBA-SP. “Artinya, ini dalam proses akhir untuk produk EBA-SP,” katanya seusai paparan publik, Rabu (11/11/2015).

Raharjo mengatakan nilai EBA-SP yang bakal diterbitkan sekitar Rp200 miliar. Menurutnya, penerbitan itu bakal dilakukan pada akhir November atau awal Desember 2015 sesuai dengan dikeluarkannya pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurutnya, melalui kerjasama dengan IBPA tersebut, harga pasar yang ditetapkan merupakan harga marked to marketdan dijadikan acuan mapun penilaian efek bersifat utang.

Kerja sama SMF-IBPA itu dianggap memberikan sejumlah manfaat antara lain membantu mensosialisasikan EBA-SP kepada publik, memberikan rasa confidence bagi investor dalam berinvestasi EBA-SP serta meningkatkan volume transaksi sekuritisasi serta likuiditas efek beragun aset KPR di Indonesia.

Tersedianya informasi harga pasar wajar EBA-SP akan bermanfaat bagi bank yang akan melaksanakan sekuritisasi dan investor yang akan berinvestasi EBA-SP serta sejumlah pemangku kepenting lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper