Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perbankan Indonesia Belum Masuk Kategori Peduli Lingkungan

Bank-bank yang ada di Indonesia masih belum cukup peduli dengan aspek tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup dalam kebijakan mereka.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 10 Maret 2016  |  19:03 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Koalisi Responsi Bank Indonesia melakukan penilaian dan pemeringkatan terhadap 11 bank di Indonesia.

Pemeringkatan tersebut berdasar kebijakan pemberian pinjaman dan investasi serta tanggung jawab sosial dan lingkungan masing-masing bank.

Berdasarkan penelitian tersebut, menunjukkan bank-bank yang ada di Indonesia masih belum cukup peduli dengan aspek tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup dalam kebijakan mereka.

"Bank-bank besar seperti Mandiri, BCA, BRI, dan BNI masih jauh tertinggal dari cabang bank multinasional yang berkantor pusat di negara maju," ujar Victoria Fanggidae, manajer riset Perkumpulan Prakarsa dalam diskusi di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Victoria menambahkan, institusi keuangan terutama bank memiliki andil besar dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs) melalui kebijakan investasi di berbagai sektor industri.

Oleh karena itu, bank diharapkan dan sudah semestinya memiliki kebijakan kredit serta investasi yang mengusung paradigma berkelanjutan dan bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan peduli lingkungan
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top