Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Akan Gelar Beauty Contest Underwriter Obligasi

PT Pelindo IV (Persero) akan melakukan beauty contest pada kuartal IV/2016 bagi para sekuritas yang tertarik menjadi penjamin pelaksana emisi penerbitan obligasi senilai Rp4 triliun yang akan diterbitkan tahun depan.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelindo IV (Persero) akan melakukan beauty contest pada kuartal IV/2016 bagi para sekuritas yang tertarik menjadi penjamin pelaksana emisi penerbitan obligasi senilai Rp4 triliun yang akan diterbitkan tahun depan.

Direktur Keuangan Pelindo IV Budi Revianto memaparkan saat ini sudah ada tiga underwriter yang melakukan sosialisasi terkait prosedur penerbitan obligasi ini, yakni CIMB Niaga Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan PT Danareksa.

“Kami belum menentukan sekuritas mana yang akan menjadi underwriter obligasi ini, dan kami juga masih terus melakukan diskusi dengan sekuritas lainnya terkait penjamin pelaksana emisi,” paparnya dalam keterangan yang diterima Bisnis.com, Selasa (19/4/2016).

Pihaknya akan membuka pintu selebar-lebarnya bagi pihak mana pun yang tertarik menangani penerbitan obligasi, sementara pihaknya terus melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk proses ini, serta secara kontinyu melakukan diskusi dengan beberapa penjamin pelaksana emisi atau underwriter.

Adapun, obligasi tahap awal yang ditargetkan dapat diterbitkan pada pertengahan tahun depan ini direncanakan memiliki jangka waktu atau tenor selama 7 hingga 10 tahun.

Dana obligasi yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai sejumlah proyek pengembangan pelabuhan kelolaan di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Misalnya, untuk revitalisasi pelabuhan yang bakal menjadi hub seperti pelabuhan di Sorong (Papua Barat), Makassar (Sulawesi Selatan) dan Bitung (Sulawesi Utara).

“Pelindo IV memiliki wilayah yang cukup luas, ada sekitar 24 cabang yang tersebar di KTI. Untuk pengembangan cabang-cabang yang ada, kami tentu membutuhkan anggaran yang jumlahnya tidak sedikit. Oleh sebab itu, kami berencana melepas obligasi sebagai salah satu instrumen keuangan,” tuturnya.

Sejauh ini, Pelindo IV telah mengantongi peringkat idAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan prospek stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper