Bank Indonesia Berikan Penghargaan Bank Pendukung UMKM 2016

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang sehat dan produktif sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan seimbang.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 02 Juni 2016  |  00:55 WIB
Bank Indonesia Berikan Penghargaan Bank Pendukung UMKM 2016
Agus Martowardojo - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang sehat dan produktif sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan seimbang. 

Sebagai bentuk keberpihakan kepada UMKM, BI menerbitkan berbagai peraturan yang salah satunya mendorong bank agar gencar menyalurkan kredit UMKM sebesar 20% dari total kredit bank secara bertahap. 

“Bank Indonesia memberikan apresiasi kepada seluruh  pihak yang telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam mendukung pengembangan UMKM," ujar Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (1/6/2016) malam.

Agus meyakini pemberian apresiasi kepada Bank Umum yang telah berkontribusi aktif terhadap pembiayaan UMKM pada tahun ini, akan memberikan inspirasi dan dorongan kepada perbankan secara umum untuk lebih meningkatkan pangsa penyaluran kredit kepada UMKM yang pada akhirnya dapat meningkatakan pangsa kredit UMKM secara nasional

Untuk mendukung pengembangan UMKM, Bank Indonesia mengimplementasikan 3 strategi utama. Pertama, memperluas dan memperdalam infrastuktur keuangan dengan mendorong infrastruktur keuangan pendukung antara lain melalui inisiasi pilot project peningkatan usaha kecil dan menengah serta mendorong fungsi intermediasi kepada UMKM. 

Kedua, mendorong peningkatan kapasitas UMKM agar menjadi feasible dan bankable antara lain melalui program pengembangan wirasausaha Bank Indonesia dan pelatihan pencatatan transaksi keuangan sederhana. 

Ketiga, menyediakan kajian dan informasi untuk mendukung akses pembiayaan UMKM. Selain itu Bank Indonesia juga telah mengeluarkan ketentuan bagi perbankan untuk menyalurkan kredit kepada UMKM dengan nilai presentase tertentu.

Penghargaan diberikan dalam dua kategori. Untuk kategori bank BUKU 1 dan BUKU 2 atau bank dengan modal inti kurang dari lima triliun, PT. Bank Tabungan Pensiunan Syariah sebagai Bank Terbaik I, dan PT Bank Pembangunan Daerah Bali, sebagai Bank Terbaik II. Adapun untuk kategori bank BUKU 3 dan BUKU 4 atau bank dengan modal inti lima triliun ke atas, terpilih PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai Bank Terbaik I dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai Bank Terbaik II.

Penghargaan diberikan kepada bank umum yang telah memenuhi rasio kredit UMKM sesuai tahap yang ditentukan dengan rasio non performing loan (NPL) kredit UMKM dan NPL total kredit terjaga di bawah 5%, serta memenuhi kriteria tema yang ditentukan. Untuk tahun 2016, tema penghargaan yang dipilih adalah Peningkatan Daya Saing UMKM.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, umkm

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup