Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UANG ELEKTRONIK: Libur Lebaran, Transaksi Diproyeksikan Turun

Transaksi penggunaan uang elektronik menjelang libur Lebaran diproyeksikan mengalami penurunan. Pasalnya, saat ini penggunaan uang elektronik terpusat di Ibu Kota.
ATM/Ilustrasi
ATM/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Transaksi penggunaan uang elektronik menjelang libur Lebaran diproyeksikan mengalami penurunan. Pasalnya, saat ini penggunaan uang elektronik terpusat di Ibu Kota.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Santoso mengatakan transaksi penggunaan uang elektronik milik perseroan Flazz justru menurun ketika musim libur tiba. Penggunaan Flazz, lebih banyak untuk transaksi transportasi Ibu Kota, seperti TransJakarta dan komuter.

"Kami berharap untuk penggunaan di gerbang tol ada peningkatan waktu musim mudik. Namun, karena kontribusi terbesar untuk transportasi di Jakarta, biasanya malah turun," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (27/6/2016).

Hingga Mei 2016, Santoso menyebutkan transaksi Flazz month to month mengalami pertumbuhan sebesar 5% dibandingkan April 2016. Namun, untuk bulan-bulan selanjutnya, dia mengatakan perseroan tidak memproyeksikan adanya pertumbuhan transaksi Flazz yang terlalu tinggi.

"Transaksi dari April ke Mei masih ada pertumbuhan karena masyarakat kota-kota besar belum pulang kampung," jelasnya.

Per Mei 2016, jumlah kartu Flazz yang beredar tercatat sebanyak 9,05 juta keping. Sepanjang tahun lalu, tercatat adanya peningkatan jumlah kartu uang elektronik yang beredar milik bank swasta terbesar di Tanah Air ini sebanyak satu juta keping.

Adapun, hingga akhir tahun ini, perseroan berharap jumlah kartu Flazz yang beredar bisa tumbuh sebanyak 1,5 juta keping.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Digital Banking dan Technology PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Rico Usthavia Frans. Dia mengatakan saat libur Lebaran, transaksi uang elektronik, terutama E-Toll juga mengalami penurunan.

"Kalau Lebaran justru turun karena banyak yang mudik sehingga E-Toll tidak banyak yang pakai," ujarnya.

Dari sisi penggunaan, sebesar 79% pemegang kartu elektronik Bank Mandiri menggunakannya untuk pembayaran tol. Sedangkan sisanya digunakan untuk pembayaran TransJakarta, Indomaret, komuter, parkir, dan lain-lain. "Penggunaan untuk pembayaran tol paling besar juga di Jakarta," jelas Rico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper