Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

GUBERNUR BI: Target Kredit Tumbuh Double Digit Bisa Dicapai

Bank Indonesia tetap optimistis dengan target penyaluran kredit yang bisa tumbuh double digit hingga akhir tahun ini. Pertumbuhan kredit hingga akhir tahun ditargetkan bisa mencapai angka 11%.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 12 Juli 2016  |  00:00 WIB
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo - Reuters/Supri
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo - Reuters/Supri

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia tetap optimistis dengan target penyaluran kredit yang bisa tumbuh double digit hingga akhir tahun ini. Pertumbuhan kredit hingga akhir tahun ditargetkan bisa mencapai angka 11%.

Gubernur Bank Indonesia Agus D.W Martowardojo mengatakan, permintaan kredit hingga akhir kuartal II/2016 masih lemah yang merupakan cerminan dari permintaan pasar yang juga lemah. 

"Pertumbuhan kredit masih belum terlalu menggembirakan, malah mungkin masih di kisaran 8% secara y-o-y, itu adalah cerminan dari permintaan yang lemah," ujar Agus dalam acara Halal Bi Halal Bank Indonesia di Kompleks BI Jakarta, Senin (11/7/2016). 

Agus menegaskan, sebagai bank sentral BI telah melakukan beragam pelonggaran dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi agar permintaan kredit bisa meningkat. 

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, posisi kredit yang disalurkan perbankan pada akhir Mei 2016 tercatat sebesar Rp4.099,2 triliun atau tumbuh 8,0% secara y-o-y, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tumbuh 7,7% secara y-o-y. 

Menurut Agus, hal yang perlu  diperhatikan secara jangka pendek terkait dengan penyaluran kredit adalah bagaimana agar ada permintaan di Indonesia. 

"Permintaan itu yang akan bisa membuat kredit seperti yang kita harapkan. Di kuartal III dan kuartal IV itu kredit bisa di atas satu digit," ujar Agus. 

Agus juga menambahkan harus ada pengeluaran pemerintah yang dialokasikan pada sektor-sektor potensial guna menggerakkan ekonomi sehingga bisa menggairahkan permintaan kredit. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia kredit
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top