BCA Raih Penghargaan Dalam Indonesia Good Corporate Governance 2016

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memperoleh penghargaan dalam Indonesia Good Corporate Governance 2016: The Most Trusted Companies 2016 sebagai instansi berpredikat sangat terpercaya terkait implementasi tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) dalam rangka memaksimalkan nilai perusahaan.
Mia Chitra Dinisari | 21 Desember 2016 21:52 WIB
BCA saat terima penghargaan GCG - dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA-PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memperoleh penghargaan dalam Indonesia Good Corporate Governance 2016: The Most Trusted Companies 2016 sebagai instansi berpredikat sangat terpercaya.

Penghargaan itu diberikan terkait implementasi tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) dalam rangka memaksimalkan nilai perusahaan. Penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA bersama Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) ini diserahkan kepada Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (19/12).

Jan Hendra mengatakan tata kelola perusahaan yang baik menjadi salah satu kunci menghadapi persaingan yang kompetitif di sektor perbankan Indonesia. Melalui implementasi Good Corporate Governance (GCG), BCA secara konsisten berupaya memelihara kepercayaan nasabah, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya dengan menjunjung tata kelola perusahaan yang baik yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran direksi dan karyawan BCA demi memastikan kinerja perusahaan yang sehat, khususnya menghadapi persaingan layanan perbankan yang kompetitif memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Sebagai perusahaan perbankan dengan Transactional Banking terbesar di ASEAN, kami senantiasa meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui tata kelola perusahaan yang baik untuk menciptakan kinerja keuangan maupun bisnis yang positif,"ujar Jan

Dia mengatakan implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN tak pelak meningkatkan risiko bisnis dan menghadirkan persaingan yang sangat kompetitif di sektor industri pelayanan perbankan. Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) secara berkesinambungandapat bermanfaat membantu kami mengevaluasi kinerja secara lebih sistematis serta bermanfaat mendeteksi lebih awal potensi-potensi ketertinggalan sehingga mendukung keberlangsungan bisnis jangka panjang perusahaan yang sehat dan kompetitif di tengah pesatnya globalisasi dan kemajuan teknologi.

Dalam penerapan Good Corporate Governance,BCA senantiasa melakukan pengkajian risiko secara menyeluruh yang tentunya berpengaruh terhadap kinerja perusahaan yang lebih disiplin dan tata kelola yang lebih terintegrasi.

“Implementasi GCG oleh BCA dirasakan menghadirkan beragam manfaat, khususnya terhadap reputasinya sebagai bank swasta yang unggul di tingkat nasional dan regional, diantaranya membangun BCA sebagai institusi yang unggul di bidang solusi perbankan, membantu BCA memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah, memberikan nilai tambah di mata stakeholders, mempertahankan dan meningkatkan kelangsungan usaha yang sehat dan kompetitif dalam jangka panjang, serta meningkatkan kepercayaan para investor kepada BCA,” tambah Jan.

Good Corporate Governance Award 2016 merupakan salah satu penghargaan yang diberikan sebagai wujud apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil menerapkan tata kelola perusahaan yang baik yang berkontribusi membangun perekonomian bangsa. Proses penjuriannya meliputi 12 aspek besar, yakni komitmen, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan, kompetensi, misi, kepemimpinan, kolaborasi serta resiko. Untuk melengkapi kajian, maka Majalah SWA melakukan survei tersendiri dengan melibatkan para analis dan investor.

 

"Penghargaan ini melengkapi berbagai penghargaan yang telah diraih BCA selama tahun 2016. Setiap prestasi yang telah dicapai menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan daya saing BCA,” tutup Jan.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bca

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top