Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kredit Menurun, Laba Danamon Tetap Meningkat

Perolehan laba PT Bank Danamon Indonesia (Tbk) tumbuh 7% meskipun penyaluran kredit dan penghimpunan dana pihak ketiga tak mencetak pertumbuhan serupa sepanjang 2016.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 14 Maret 2017  |  14:40 WIB
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) di Jakarta. - JIBI/Nurul Hidayat
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) di Jakarta. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Perolehan laba PT Bank Danamon Indonesia (Tbk) tumbuh 7% meskipun penyaluran kredit dan penghimpunan dana pihak ketiga tak mencetak pertumbuhan serupa sepanjang 2016.

Pertumbuhan laba itu dikontribusi oleh peningkatan fee based income perseroan, didukung oleh perolehan pendapatan dari fee income Adira Insurance, jasa cash management, dan bank assurance.

"Untuk bank assurance kami bermitra dengan Manulife, sedangkan cash management berasal dari transaksi-transaksi nasabah yang dikenakan biaya," ungkap Regional Corporate Officer Danamon Region 05 Kalimantan Eka Dinata, Selasa (14/3/2017).

Fee income dari Adira Insurance sendiri mencapai Rp908 miliar atau tumbuh 1% dari perolehan selama 2015. Sementara perolehan laba dari cash management mencapai Rp325 miliar.

Adapun laba dari bank assurance bersama Manulife tercatat mencapai Rp281 miliar atau naik 13% dari perolehan pada 2015. Sedangkan laba bersih sebelum pajak tercatat mencapai Rp4,5 triliun.

"Atau naik 39% dari tahun sebelumnya, didorong oleh pertumbuhan fee based income, termasuk juga karena kedisiplinan kami dalam pengelolaan pengeluaran operasional, serta penurunan biaya kredit," tutup Eka.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, penghimpunan DPK oleh Bank Danamon menurun 10% sepanjang 2016. Penurunan juga terjadi pada penyaluran kredit mikro melalui Danamon Simpan Pinjam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank danamon indonesia laba bank
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top