BMRI Targetkan 7 Juta Pengguna E-Cash

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tahun ini menargetkan penambahan pengguna uang elektronik berbasis server milik perseroan E-Cash hingga 7 juta pengguna.
Krizia Putri Kinanti | 20 April 2017 02:00 WIB
Logo Bank Mandiri - Reuters/Beawiharta

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tahun ini menargetkan penambahan pengguna uang elektronik berbasis server milik perseroan E-Cash hingga 7 juta pengguna.

Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengatakan bahwa saat ini perseroan baru memiliki kurang lebih 4 juta user E-Cash.

“Porsi transaksi terbesar masih ada di peer-to-peer transfer antar pengguna E-Cash, disusul dengan pembayaran transportasi,  pembelian pulsa, bayar toko dan juga beli token PLN,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Selasa (19/4).

Rico menuturkan salah satu upaya untuk banyak menjaring pengguna E-Cash adalah dengan memperbanyak kerja sama dengan beberapa partner strategis, seperti dengan Grab dan Line. “Kami juga akan menambah acceptance e-cash di merchant-merchant unggulan kami.”

Dia menjelaskan, pengguna E-Cash saat ini belum terlalu banyak dibandingkan dengan pengguna E-Money karena masyarakat masih butuh edukasi untuk menggunakan layanan ini. Terlebih, E-Cash juga terhitung produk baru, baru lahir pada 2014, sedangkan E-Money lebih dulu diluncurkan pada 2009.

Beberapa waktu yang lalu, Bank Mandiri bekerja sama dengan salah satu platform digital terbesar yang memiliki lebih dari 90 juta pengguna, yakni LINE Indonesia.

Ke depan, Bank Mandiri LINE official account akan mengembangkan fitur LINE banking meliputi pembukaan rekening, customer service, dan transaksi non finansial ataupun finansial.

Bank Mandiri dan LINE sebelumnya telah menjalin kerja sama lewat produk LINE Pay e-cash. LINE Pay e-cash adalah produk uang elektronik Mandiri E-Cash dengan fitur pembayaran LINE Pay bagi pengguna aplikasi LINE di Indonesia.

Layanan ini dapat dinikmati pengguna LINE yang telah menjadi nasabah ataupun non-nasabah Bank Mandiri. 

Bagi pengguna Mandiri E-Cash, layanan ini dapat diakses cukup dengan menghubungkan nomor Mandiri E-Cash dengan LINE Pay. Sementara itu, pengguna LINE yang belum memiliki Mandiri E-Cash, dapat langsung membuat Mandiri E-Cash di menu LINE Pay.

Tahun lalu, Bank Mandiri bekerja sama dengan Tokopedia untuk kemudahan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Dengan kerja sama ini, Bank Mandiri akan menyiapkan layanan PPOB Modern Channel pada aplikasi Tokopedia yang memungkinkan masyarakat pengguna Tokopedia untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan menggunakan Mandiri Clickpay, Mandiri Kartu Kredit, dan Kartu Debit, dan Mandiri E-cash.

Secara keseluruhan, Rico menyebutkan, pembayaran iuran BPJS Kesehatan di Bank Mandiri dapat dilakukan melalui lebih dari 22.500 jaringan kantor cabang serta merchant retail yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri seperti Alfamart.

Di samping itu, pembayaran juga dapat dilakukan melalui jaringan elektronik seperti ATM, internet banking dan mobile banking.

Tag : uang elektronik
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top