Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Strategi Bank Mengurangi Aksi Double Swipe

Perbankan mengaku sudah melakukan edukasi dan sosilaisasi kepada merchant terkait pelarangan melakukan double swipe pada transaksi nontunai. Selain itu, beberapa bank juga melakukan beberapa tindakan untuk mengurangi aksi double swipe.
Surya Rianto
Surya Rianto - Bisnis.com 06 September 2017  |  07:56 WIB
Ini Strategi Bank Mengurangi Aksi Double Swipe
Ilustrasi - www.udku.com.au

Bisnis.com, JAKARTA -- Perbankan mengaku sudah melakukan edukasi dan sosilaisasi kepada merchant terkait pelarangan melakukan double swipe pada transaksi nontunai. Selain itu, beberapa bank juga melakukan beberapa tindakan untuk mengurangi aksi double swipe.

Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Randi Anto mengatakan, untuk melakukan gesek dua kali di electronic data capture (EDC) dan mesin kasir itu memang sudah dilarang oleh Bank Indonesia (BI). Data nasabah hanya boleh di capture lewat EDC saja.

"Untuk itu, kewajiban bank memang untuk melakukan sosialisasi kepada merchant dan pada akhirnya mendisiplikan merchant agar patuh pada aturan tersebut," ujarnya kepada Bisnis pada Selasa (5/9).

Di sisi lain, SEVP Teknologi Sistem Informasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Dadang Setiabudi mengatakan, perseroan pun bekerja sama dengan merchant sambil menghimbau untuk tidak melakukan gesek dua kali. Selain itu, perseroan juga mengembangkan integrated cash register link, yakni EDC yang terkoneksi dengan mesin kasir.

"Jadi, ketika customer akan check out, harga yang harus dibayar sudah ada di EDC dan kasri cukup sekali gesek saja di EDC," ujarnya.

Dadang menuturkan, perseroan selalu memantau dan melakukan antisipasi terkait potensi terjadinya fraud. "Termasuk dari data transaksi yang ada sehingga data nasabah dapat diamankan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top