7 Tips Aman Beli Gadget Secara Online

Di era digital seperti sekarang, berbelanja di toko online sudah menjadi kebutuhan dan bahkan hobi tersendiri.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 27 Desember 2017  |  16:21 WIB

Di era digital seperti sekarang, berbelanja di toko online sudah menjadi kebutuhan dan bahkan hobi tersendiri. Selain mudah, praktis, dan cepat, banyaknya variasi produk serta promo atau program menarik seperti cicilan tanpa kartu kredit juga menjadi daya tarik utama dari toko online.  

Mulai dari produk fashion, kuliner, peralatan elektronik, hingga gadget, semua bisa dibeli dengan mudah dalam beberapa klik di dalam satu aplikasi atau situs toko online.

Namun, masalah jaminan keamanan seringkali masih menjadi kendala utama dalam berbelanja online.Terutama jika harga barang yang dibeli mencapai kisaran jutaan rupiah seperti gadget. Tak jarang, calon konsumen akan merasa khawatir atau takut ditipu.

Untuk mengatasi hal tersebut, jika Anda berencana membeli gadget secara online dalam waktu dekat ini, ada baiknya Anda memahami 7 tips berikut ini terlebih dahulu.

  1. Tentukan gadget yang ingin dibeli

Saat berbelanja online, biasanya Anda akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan produk dan harga yang menggiurkan. Kondisi tersebut akan rentan membuat Anda membeli barang yang tidak dibutuhkan dan menjadi boros.

Tentukan gadget yang ingin dibeli sesuai kebutuhan. Misalnya, jika Anda membutuhkan ponsel untuk bermain game, Anda bisa memilihponsel dengan RAM yang besar. Jika Anda suka melakukan streaming siaran tertentu melalui ponsel, Anda bisa memilih ponsel dengan ukuran layar yang lebih besar.

  1. Cari tahu kisaran harga pasar

Setelah memastikan produk yang Anda butuhkan, Anda bisa mencari berbagai referensi di internet seputar merek, spesifikasi, hingga kisaran harga yang cocok dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Bandingkan juga harga antara satu produk dengan produk lainnya agar Anda bisa mendapatkan yang terbaik. Dengan mengetahui kisaran harga pasar, Anda dapat mengantisipasi segala bentuk penipuan kredit hp dan tidak mudah tergoda dengan harga murah yang jauh di bawah harga pasar. Ada harga, pasti ada kualitas.

  1. Pilih toko online yang terpercaya

Menjamurnya beragam toko atau marketplace online beberapa tahun ini, selain dapat menjadi alternatif berbelanja, tak jarang juga membuat calon konsumen bingung untuk memilih.

Ditambah lagi dengan beragam promo menarik hingga metode pembayaran variatif yang dimiliki masing-masing marketplace online, salah satunya cicilan tanpa kartu kredit dengan proses mudah via Kredivo, semakin menambah euforia konsumen dalam berbelanja.

Jika Anda sudah memiliki online shop langganan dengan reputasi yang baik dalam hal pelayanan, Anda bisa membeli gadget yang Anda butuhkan di sana. Namun, jika ini pertama kalinya Anda berbelanja online atau jika Anda senang mencoba berbagai online shop, pastikan memilih online shop yang terpercaya.

Anda bisa menilainya dari beberapa unsur mulai dari testimoni pelanggan di media sosial, alamat kantor yang jelas, tim customer service yang dapat dihubungi, hingga sertifikasi keamanan situs. Situs dengan url awalan HTTPS memiliki jaminan keamanan yang baik dalam melindungi transaksi dan data konsumen.

Jika Anda lebih memilih berbelanja melalui aplikasi dari toko online tersebut, pastikan bahwa Anda mengunduhnya dengan benar dari Google Play Store atau App Store.

  1. Pelajari reputasi penjual dan deskripsi barang dengan cermat

Saat Anda mencari jenis gadget yang Anda inginkan di situs toko online,produk tersebut akan muncul dalam bentuk variasi penawaran harga yang diajukan banyak penjual. Setiap penjual, akan memiliki kisaran harga yang berbeda untuk gadget yang Anda ingin beli tersebut.

Sebelum memilih produk yang ditawarkan, Anda perlu mempelajari reputasi penjual mulai dari testimoni pelanggan yang sudah pernah membeli produknya, rating penjual, keaktifannya dalam menjual dan membalas pesan, hingga mencoba berinteraksi via chat dengan penjualnya.

Anda juga perlu membaca deskripsi gadget yang ingin Anda beli dengan cermat, terutama terkait spesifikasi dan kelengkapan produk, serta memastikan harganya cocok dengan bujetAnda.

  1. Pelajari perihal garansi gadget

Hal penting lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah memastikan soal garansi gadget yang akan Anda beli pada penjualnya. Pastikan gadget yang Anda beli memiliki garansi resmi dari mereknya dan Anda tahu ke mana akan mengklaim garansi tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

  1. Manfaatkan program promosi yang ditawarkan toko online

Bukan toko online namanya jika tidak memiliki ragam promosi yang menarik bagi calon konsumen. Mulai dari diskon atau potongan langsung, cashback, buy 1 get 1, hingga promo kredit online tanpa kartu kredit dengan skema cicilan 3, 6, 12 bulan via Kredivo.

Anda tentunya bisa menghemat bujet jika memanfaatkan program promosi yang ditawarkan toko online. Namun, perhatikan juga program promosi yang ditawarkan. Pastikan bahwa promosi tersebut adalah promosi resmi dari toko online tersebut. Jangan mudah tergiur dengan promosi yang besar tanpa informasi yang jelas, ya.

  1. Pilih metode pembayaran dan pengiriman yang terpercaya

Tahapan terakhir dari berbelanja online adalah memilih metode pembayaran sekaligus pengiriman. Kini, metode pembayaran yang dimiliki toko online sangat beragam, mulai dari tunai via transfer ATM, cicilan kartu kredit, via Indomaret atau Alfamart, hingga cicilan tanpa kartu kredit.

Berbelanja dengan cara mencicil memang kian menarik bagi calon konsumen. Terlebih lagi, jika cicilan tersebut tidak memerlukan kartu kredit. Seperti yang diketahui, mengajukan kartu kredit ke bank pun tidaklah mudah. Banyaknya persyaratan yang harus diajukan hingga lamanya waktu proses adalah kendala utama dalam pengajuan kartu kredit.

Untuk pembelian gadget, biasanya memiliki kisaran harga mulai dari Rp1.000.000 ke atas. Jika Anda masih khawatir terkait keamanan barang, metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit dan tanpa DP via Kredivo cocok untuk Anda.

Untuk kredit tanpa kartu kredit, Kredivo menyediakan program cicilan 3, 6, dan 12 bulan dengan minimum transaksi sebesar Rp1.500.000. Bunga yang dikenakan juga cukup bersaing, hanya 2,95% per bulannya. Proses pendaftarannya pun mudah serta tanpa biaya admin dan DP. Menariknya, bagi Anda yang telah memiliki uang tunai, Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan Kredivo dalam tempo 30 hari ke depan sejak pembelian tanpa dikenakan bunga.

Hal tersebut tentunya sangat membantu Anda dalam memastikan keamanan gadget dan transaksi. Setelah gadget dikirim dansampai di tangan Anda, cek spesifikasi dan kelengkapan, Anda bisa bayar dalam 30 hari setelah transaksi dilakukan. Menarik, kan?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kredivo

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup