Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Dia Manfaat Blockchain untuk Perbankan

Blockchain menjadi teknologi yang berpotensi mendisrupsi bisnis di sektor jasa keuangan. Chairwoman Blockchain Zoo Pandu Sastrowardoyo mengatakan selama ini transaksi digital antar bank masih menggunakan server sentral. Namun, dengan teknologi blockchain, fungsi tersebut akan hilang dan data yang tersimpan juga tetap aman karena terenkripsi.
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 01 Februari 2018  |  16:18 WIB
Blockchain Zoo
Blockchain Zoo

Bisnis.com, JAKARTA - Blockchain menjadi teknologi yang berpotensi mendisrupsi bisnis di sektor jasa keuangan.

Chairwoman Blockchain Zoo Pandu Sastrowardoyo mengatakan selama ini transaksi digital antar bank masih menggunakan server sentral.

Namun, dengan teknologi blockchain, fungsi tersebut akan hilang dan data yang tersimpan juga tetap aman karena terenkripsi. Adapun blockchain adalah sebuah teknologi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data tanpa menggunakan pihak ketiga pada proses transaksi.

"Kalau pakai blockchain tetap bisa lihat data sendiri dan orang lain tidak bisa lihat meskipun tanpa server sentral," terangnya di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Menurut Pandu, beberapa bank sudah mulai mengadopsi teknologi ini, salah satunya adalah bank swasta terbesar di Indonesia.

Dia mengklaim Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mendukung pengaplikasian blockchain di sektor finansial. Bahkan, Blockchain Zoo sudah menggandeng Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) untuk menerapkan blockchain dalam operasionalnya.

"Ada 26 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang ikut. Kami telah lakukan pelatihan di dua kota yaitu Jakarta dan Makassar," sebut Pandu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top