Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Manfaat Blockchain untuk Perbankan

Blockchain menjadi teknologi yang berpotensi mendisrupsi bisnis di sektor jasa keuangan. Chairwoman Blockchain Zoo Pandu Sastrowardoyo mengatakan selama ini transaksi digital antar bank masih menggunakan server sentral. Namun, dengan teknologi blockchain, fungsi tersebut akan hilang dan data yang tersimpan juga tetap aman karena terenkripsi.
Blockchain Zoo
Blockchain Zoo

Bisnis.com, JAKARTA - Blockchain menjadi teknologi yang berpotensi mendisrupsi bisnis di sektor jasa keuangan.

Chairwoman Blockchain Zoo Pandu Sastrowardoyo mengatakan selama ini transaksi digital antar bank masih menggunakan server sentral.

Namun, dengan teknologi blockchain, fungsi tersebut akan hilang dan data yang tersimpan juga tetap aman karena terenkripsi. Adapun blockchain adalah sebuah teknologi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data tanpa menggunakan pihak ketiga pada proses transaksi.

"Kalau pakai blockchain tetap bisa lihat data sendiri dan orang lain tidak bisa lihat meskipun tanpa server sentral," terangnya di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Menurut Pandu, beberapa bank sudah mulai mengadopsi teknologi ini, salah satunya adalah bank swasta terbesar di Indonesia.

Dia mengklaim Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mendukung pengaplikasian blockchain di sektor finansial. Bahkan, Blockchain Zoo sudah menggandeng Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) untuk menerapkan blockchain dalam operasionalnya.

"Ada 26 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang ikut. Kami telah lakukan pelatihan di dua kota yaitu Jakarta dan Makassar," sebut Pandu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper