100 Cabang Bank Mandiri Syariah Layani Setoran Haji dan Umrah

PT Bank Syariah Mandiri perluas sinergi dengan induk, PT Bank Mandiri (persero) Tbk, melalui Layanan Syariah Bank (LSB).
Nirmala Aninda | 28 Februari 2018 17:08 WIB
Karyawan melayani nasabah di kantor cabang Bank Syariah Mandiri di Jakarta, Senin (8/12). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Syariah Mandiri perluas sinergi dengan induk, PT Bank Mandiri (persero) Tbk, melalui Layanan Syariah Bank (LSB).

Layanan tersebut memungkinkan nasabah untuk membuka rekening Tabungan Haji Mabrur di outlet Bank Mandiri. Pada tahap awal, LSB akan dilaksanakan di 100 cabang Bank Mandiri. Tahap berikutnya akan dilakukan di 496 cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia.

Direktur Bank Syariah Mandiri (BSM) Toni EB Subari mengatakan sinergi ini akan memperkuat positioning Mandiri Syariah sebagai Syariah Retail Bank khususnya untuk lini bisnis yang berkaitan dengan layanan haji dan umrah.

"Dulu sejumlah wilayah sulit dijangkau Mandiri Syariah karena outlet yang terbatas, kini mereka [nasabah] dapat membuka tabungan haji melalui [outlet] Bank Mandiri," ujarnya di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Dari sinergi tersebut, Toni berharap layanan bank syariah dapat berkembang untuk mempermudah akses nasabah terhadap kebutuhan finansial berbasis syariah, seperti layanan membuka tabungan syariah.

BSM saat ini merupakan bank dengan pangsa pasar terbesar tabungan haji reguler yang terdaftar di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Pada akhir 2017, sebesar 23% jemaah yang telah memperoleh porsi haji atau sekitar 134.605 orang dari total jemaah yang telah memperoleh porsi sekitar 590.368 orang terdaftar di Bank Syariah Mandiri.

BSM juga merupakan bank syariah terbesar dengan pangsa pasar tabungan haji dan umrah sebesar nominal Rp3,9 trilliun dan number of account (NOA) tabungan haji dan umrah sejumlah 1,6 juta rekening  posisi September 2017.

Angka tersebut diperkuat dengan hasil survey Frontier pada 2017 yang menunjukkan image Mandiri Syariah sebagai Bank Layanan Haji.

Selain sinergi dengan Bank Mandiri, BSM intensif lakukan sinergi dengan mitra strategis baik dengan travel umroh maupun maskapai penerbangan.

Sebagai bank layanan haji dan umroh, BSM menawarkan berbagai kemudahan untuk wujudkan niat berhaji dan umroh misalnya nilai setoran minimal Rp100.000 bagi Tabungan Mabrur dan Mabrur Junior.

Selain itu BSM juga memiliki program umrah bersama nasabah dan mitra strategis serta berbagai jenis pembiayaan untuk umroh sampai penyediaan uang riyal guna penuhi kebutuhan jamaah selama umrah maupun haji.

Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu dari 31 bank umum syariah dan unit usaha syariah yang ditetapkan sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS-BPIH).

Bank Syariah Mandiri mengemban sejumlah fungsi BPS-BPIH diantaranya sebagai bank penerimaan, bank operasional, bank likuiditas, bank penempatan, dan bank mitra investasi.

Tag : bank syariah mandiri
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top