Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasabah Bank Mandiri Bisa Buka Rekening Tabungan Haji di 100 Kantor Cabang

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank Mandiri Syariah memperkuat sinergi dengan induknya yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan haji melalui Layanan Syariah Bank (LSB). Layanan tersebut memungkinkan nasabah membuka Tabungan Haji Mabrur melalui Layanan Syariah Bank di outlet Bank Mandiri.
Karyawan melayani nasabah di kantor cabang Bank Syariah Mandiri di Jakarta, Senin (8/12)./JIBI-Abdullah Azzam
Karyawan melayani nasabah di kantor cabang Bank Syariah Mandiri di Jakarta, Senin (8/12)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Mandiri Syariah memperkuat sinergi dengan induknya yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan haji melalui Layanan Syariah Bank (LSB). Layanan tersebut memungkinkan nasabah membuka Tabungan Haji Mabrur melalui Layanan Syariah Bank di outlet Bank Mandiri.

Sinergi ini akan memperkuat positioning Mandiri Syariah sebagai bank syariah retail terutama berkaitan dengan layanan haji dan umrah.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan nasabah yang telah loyal menyetorkan BPIH melalui Mandiri Syariah” ujar Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah, sebagaimana dikutip dalam siaran pers, Kamis (28/2/2018).

Sesuai UU Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji, pengelolaan keuangan haji dilakukan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Sementara itu, menurut UU No 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan haji serta Peraturan Menteri Agama Nomor 30 tahun 2013, BPS BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) adalah bank syariah dan bank umum nasional yang memiliki layanan syariah. Namun, pelayanan pembukaan tabungan haji dimungkinkan melalui layanan syariah bank di bank konvensional.

“Sebagai satu grup, kami bersinergi dengan induk perusahaan melalui Layanan Syariah Bank. Jadi di wilayah yang Mandiri Syariah sulit dijangkau nasabah karena outlet yang terbatas kini mereka dapat membuka tabungan haji melalui Bank Mandiri,” tambahnya.

Pada tahap awal, LSB akan dilaksanakan di 100 cabang Bank Mandiri. Tahap berikutnya akan dilakukan di 496 cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia. Saat ini pilot project LSB telah berhasil dilakukan di beberapa wilayah. 

‘’Selanjutnya kami tentu berharap bisa membuka tabungan syariah juga,’’ kata Toni EB Subari lagi.

Mandiri Syariah saat ini merupakan bank dengan pangsa pasar terbesar tabungan haji reguler yang terdaftar di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).  Pada akhir 2017, sebesar  23% jamaah yang telah memperoleh porsi haji atau sekitar 134.605 orang dari total jamaah yang telah memperoleh porsi sekitar 590.368 orang terdaftar di Mandiri Syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper