Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Muamalat Genjot Inklusi Perbankan Syariah

Bank Muamalat mengopimalkan jejaring agen perseroan dalam meningkatkan inklusi perbankan syariah di wilayah timur.
Karyawan dan direksi Bank Muamalat/Bisnis - Abdul Rahman
Karyawan dan direksi Bank Muamalat/Bisnis - Abdul Rahman

Bisnis.com,MAKASSAR - Bank Muamalat mengopimalkan jejaring agen perseroan dalam meningkatkan inklusi perbankan syariah di wilayah timur.

Pemimpin Bank Muamalat Regional Sulampua, Ahmad S. Ilham mengemukakan upaya itu diimplementasikan melalui layanan gerai Muamalat pada masjid-masjid dengan memberdayakan marbot pada fasilitas ibadah umat muslim tersebut.

Adapun masjid yang jadi sasaran gerai merupakan majid yang telah mengikuti program perseroan yakni "Program Solusi Masjid Muamalat", di mana kuantitas telah mencapai 30 masjid di regional cakupan.

"Gerai ini tidak hanya terbatas pada layanan terhadap nasabah Muamalat, tetapi memungkinkan pula masyarakat umum yang hendak melakukan transaksi perbankan maupun pembayaran tagihan," katanya, Selasa (1/5/2018).

Adapun untuk marbot masjid selanjutnya agen pada gerai tersebut dan menjadi SDM dalam layanan berbasis pemanfaatan digital tersebut.

Para marbot yang diakuisisi menjadi agen tersebut memungkinkan melayani pembukaan rekening tabungan Muamalat, tabungan haji dan umrah, serta menerima pembayaran beragam tagihan atau angsuran.

Menurut Ilham, pihaknya juga menyediakan sejumlah infrastruktur pendukung pada gerai tersebut seperti printer dan PC agar memudahkan agen atau marbot melayani administrasi transaksi masyarakat.

Di sisi lain, perseroan juga membekali para marbot berupa jaminan sosaial ketenagakerjaan dan terproteksi pada program JKm BPJS Ketengakerjaan dengan nilai pertanggungan hingga Rp24 juta.

"Kemudian ada pula alokasi 0,5% dari setiap transaksi dengan referensi ke Bank Muamalat ke masjid yang titik gerai. Serta Rp250.000 per tabungan haji yang terdaftar melalui gerai," papar Ilham.

Dia melanjutkan, fasilitas tambahan yang memungkinkan diakses melalui gerai masjid adalah pembiayaan pemilikan rumah oleh nasabah melalui gerai Muamalat di masjid.

"Kami berupaya membangun perekonomian melalui masjid, memfasilitasi lebih banyak masyarakat dengan tentuya tetap mengedepankan prinsip syariah," urainya.

Hingga akhir tahun ini, Ilham menargetkan bisa merangkul hingga 100 masjid di Sulampua dalam kerangka Program Solusi Masjid Muamalat.

Sementara itu, dana masjid yang masuk dalam kelolaan perseroan untuk Sulampua sejauh ini mencapai Rp30 miliar secara kumulatif dan memungkinkan bertambah seiring dengan intensifnya program solusi masjid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper