Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BTN usulkan Kenaikan Suku Bunga Acuan

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menilai sudah saatnya Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 01 Mei 2018  |  21:32 WIB
BTN usulkan Kenaikan Suku Bunga Acuan
Bagikan


Bisnis.com,
JAKARTA — PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menilai sudah saatnya Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan.

Direktur BTN Budi Satria mengatakan, bank sentral perlu segera menyesuaikan suku bunga acuan dengan perkembangan yang terjadi di pasar global.

"Ya kalau melihat perkembangan nilai tukar kita saat ini dan juga peningkatan Fed Rate, mungkin sudah saatnya BI menaikkan suku bunga acuan," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (1/5/2018).

Namun demikian, menurutnya kenaikannya diperkirakan tidak akan banyak. "Naiknya mungkin tidak akan banyak, mungkin 25 basis poin saja. Diharapkan bisa menstabilkan nilai tukar rupiah," tambah Budi.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan,  pemerintah telah memastikan bahwa istrumen fiskal dan moneter yang dimiliki Indonesia masih akan kuat menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi ke depan, kendati sejumlah penyesuaian harus dilakukan akibat tekanan global, salah satunya adalah rencana menaikkan suku bunga acuan.

Dari sisi APBN, defisit sebesar 2,19% telah menjadu daya dorong untuk ekonomi. Oleh karena itu, penyesuaian kebijakan seperti peningkatan suku bunga acuan tidak akan menjadi masalah besar.

Di sisi lain, proyek-proyek infrastruktur yang diupayakan oleh pemerintah diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, sehingga bisa mengkompensasi penyesuaian kebijakan yang dilakukan.

“Perkembangan global yang terjadi dan penyesuaian yang akan dilakukan tentu harus dilihat dari bentuk perbaikan pada sisi produktivitas negara ini agar mampu lebih bersaing," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suku bunga acuan bunga kredit
Editor : Farodilah Muqoddam
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top