Visa Terus Gencarkan Pembayaran Nirsentuh

Visa Worldwide Indonesia memastikan bakal memperbanyak jalinan kerja sama dengan kalangan perbankan di dalam negeri untuk memasyarakatkan metode pembayaran contactless atau nirsentuh.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 03 Juni 2018  |  13:29 WIB
Visa Terus Gencarkan Pembayaran Nirsentuh
Proses pencetakan kartu kredit edisi Asian Games 2018 di Unit Pembuatan Kartu Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (1/3/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA—PT Visa Worldwide Indonesia memastikan bakal memperbanyak jalinan kerja sama dengan kalangan perbankan di dalam negeri untuk memasyarakatkan metode pembayaran contactless atau nirsentuh.

Presiden Direktur Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, beberapa bank yang sekarang sudah bekerja sama dengannya a.l. PT Bank CIMB Niaga Tbk., PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank UOB Indonesia, dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk.

“Ke depan akan lebih banyak bank yang akan mengadopsi Visa contactless pada kartu pembayaran mereka,” tulisnya dalam keterangan resmi akhir pekan ini.

Selain penerbit kartu yang diharapkan bertambah, jumlah merchant juga demikian. Ke depan, diharapkan bakal lebih banyak supermarket, mini market, dan restoran cepat saji yang dapat memfasilitasi transaksi contactless terutama yang berlokasi di daerah wisata.

Baru-baru ini Visa merilis survei bertajuk Consumer Payment Attitudes. Salah satu hasil studi ini menyatakan bahwa lebih dari separuh responden di Indonesia mengetahui keberadaan pembayaran contactless. Dan, sekitar 75% dari mereka bersedia menggunakannya apabila tersedia secara luas.

PT CIMB Niaga Tbk. disebut Visa sebagai bank yang sudah menerapkan metode contachless. Ya, bank ini pada 2016 silam meluncurkan kartu kredit Wave n Go. Kartu ini didesain berbentuk stiker dengan teknologi nirsentuh.

Pemegang kartu kredit Wave n Go CIMB cukup mendekatkan kartunya kepada mesin electronic data capture  khusus contactless saat bertransaksi. Kartu kredit seperti ini diklaim terbilang praktis karena dapat ditempel pada aneka benda berpermukaan datar, semisal ponsel.

Direktur Consumer BankingCIMB Niaga Lani Darmawan berpendapat, potensi pasar kartu kredit new jobbers di Indonesia terbilang menjanjikan. Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan Wave n Go tersebut.

“Kami mempersembahkan kartu kredit pertama yang sangat unik dari sisi design, proses transaksi dan keunggulan, yang sangat sesuai dengan segmen tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pangsa pasar kartu kredit CIMB,” ujarnya.

Selain dalam bentuk stiker, kartu kredit Wave n Go tetap tersedia dalam format kartu plastik seperti credit card pada umumnya. Produk CIMB yang satu ini dapat digunakan pada semua mesin EDC dengan cara dip-in.

Kerja sama antara CIMB Niaga dan Visa Worldwide Indonesia dalam penetrasi contactless tersebut menggunakan teknologi Visa payWave. Ini adalah teknologi dengan fitur pembayaran nirsentuh yang dapat ditemukan pada kartu Visa berlogo . Dari segi platform, kartu kredit Wave n Go merupakan produk dengan platform Visa Gold yang memiliki fitur-fitur eksklusif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
visa worldwide indonesia

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top