EKONOMI INGGRIS: Ekonom Kompak Prediksi BoE Pertahankan Suku Bunga

Bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) akan mengumumkan kebijakannya terkait suku bunga acuan pada hari ini, Kamis (21/6/2018).
Linda Teti Silitonga | 21 Juni 2018 07:52 WIB
Gedung BoE. - .Reuters/Hannah McKay

Bisnis.com, JAKARTA – Bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) akan mengumumkan kebijakannya terkait suku bunga acuan pada hari ini, Kamis (21/6/2018).

Kalangan ekoom memprediksi, BoE pada pertemuan Juni ini belum akan mengerek suku bunga acuannya.

Tidak ada ekonom yang disurvei Reuters yang mengharapkan BoE menaikkan suku bunga acuannya, saat mengumumkan keputusan kebijakan pada hari ini.

Namun pasar mulai mempertimbangkan kemungkinan BoE mengerek suku bunganya pada pertemuan Agustus.

Pada akhir tahun lalu, Inggris dilaporkan sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi paling lambat dibandingkan negara lain yang tergabung dalam kelompok tujuh (G7), karena kalangan pebisnis cenderung menahan diri dalam hal investasi menjelang diterapkannya Brexit atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

“Saya mengharapkan langkah ke arah yang lebih hawkish,” kata Alan Clarke, ahli strategi pasar keuangan Scotiabank seperti dikutip Reuters, Kamis (21/6/2018).

Sementara itu dari survei yang dilakukan Bloomberg terhadap 61 ekonom, juga tidak ada satupun yang memperkirakan ada kenaikan BoE Rate pada Juni ini.

Seperti diketahui suku bunga acuan BoE Rate saat ini berada di 0,5%, terhitung sejak kenaikan terakhir pada 1 November 2017.

Tag : ekonomi inggris
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top