5 Hal yang Menandakan Keuangan Anda Sehat

Kemampuan mengatur finansial secara cermat dan baik memang dibutuhkan supaya hidup jadi lebih terarah, tenang, dan lancar.
MediaDigital | 27 Juli 2018 13:32 WIB

Kemampuan mengatur finansial secara cermat dan baik memang dibutuhkan supaya hidup jadi lebih terarah, tenang, dan lancar. Tidak peduli seberapa besar atau kecil penghasilan Anda, pasti akan terasa tidak cukup apabila keuangan tidak diatur dengan baik.

Banyaknya pengeluaran rutin yang Anda lakukan setiap hari dan setiap bulannya, membuat Anda mungkin tidak memikirkan lagi seperti apa kondisi keuangan Anda sekarang ini. Padahal, penting bagi Anda untuk menjaga kondisi keuangan tetap sehat demi keberlangsungan hidup. Pun sebaliknya, penting bagi Anda untuk segera menyadari apabila kondisi keuangan Anda sedang kritis dan perlu dilakukan perbaikan.

Secara umum, ada lima hal yang bisa menjadi penanda bahwa saat ini Anda memiliki keuangan yang sehat, di antaranya:

Memiliki tabungan, investasi, dan asuransi

Kalau gaji adalah dana untuk hidup, maka tabungan, investasi, dan asuransi adalah dana untuk kehidupan. Tabungan, investasi, dan asuransi adalah hal penting yang harus dipersiapkan sejak dini untuk menghadapi masa depan dan situasi darurat. Apalagi, jika Anda sudah berumah tangga dan memiliki anak. Meski sedikit, jangan sampai melewatkan menyisihkan dana untuk tabungan, investasi, dan membayar asuransi kesehatan, pensiun, serta pendidikan setiap bulannya, ya. 

Memiliki tujuan jangka panjang

Tujuan jangka panjang yang melibatkan keuangan di antaranya adalah pendidikan anak, pendidikan pribadi (apabila ingin melanjutkan), impian memiliki rumah sendiri, membangun usaha, hingga menyiapkan dana pensiun. Untuk mencapai tujuan ini, pastinya dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Keuangan Anda bisa dikatakan cukup sehat apabila Anda sudah mengalokasikan dana sejak dini untuk mencapai tujuan tersebut.

Pembayaran kredit lancar & utang tidak lebih dari 30% penghasilan

Beberapa pakar keuangan mengungkap, bahwa salah satu ciri keuangan yang sehat adalah utang yang dimiliki tidak mencapai lebih dari 30% total penghasilan Anda per bulannya. Selain itu, Anda juga tidak memiliki kredit yang macet dan bisa mengangsur  cicilan yang tersisa sesuai waktu yang ditentukan per bulannya.

Semakin kecil persentase utang yang Anda miliki dari total penghasilan, tentu semakin baik. Anda juga masih punya kesempatan untuk mengambil cicilan atau kredit lainnya, selama jumlahnya masih di bawah 30%. Untuk menyiasatinya, pilih kredit yang menawarkan bunga rendah dengan masa tenor yang panjang, supaya beban angsuran Anda per bulan jadi lebih ringan. Misalnya, Anda ingin kredit hp online baru. Anda bisa mencoba kredit hp online via Kredivo di merchant online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD.id, atau Bhinneka.

Sebagai perusahaan multifinansial, Kredivo menyediakan fasilitas kredit instan online dengan suku bunga paling rendah dibanding perusahaan sejenis, yaitu 2,95% per bulan dengan pilihan tenor 3, 6 hingga 12 bulan. Tidak kalah dengan kartu kredit, Kredivo juga bisa memberikan plafon kredit maksimal hingga Rp 20 juta untuk kredit hp online tanpa kartu kredit atau barang lainnya.

Tidak merasa kekurangan di tanggal tua

Menjelang tanggal tua, sebagian besar orang biasanya sudah mulai berhemat secara ketat. Bahkan, ada juga yang berutang untuk menutupi biaya hidup hingga hari gajian tiba. Apabila keuangan Anda sehat, tentu Anda tidak perlu khawatir dengan tanggal tua. Sebab, Anda sudah merancang pengeluaran secara rata hingga akhir bulan. Kalaupun kekurangan, Anda sudah punya tabungan untuk digunakan di saat-saat darurat.

Tidak impulsif berbelanja

Karena mengacu pada perencanaan keuangan dan daftar prioritas yang sudah dibuat, Anda tentu sudah memiliki kontrol diri yang baik supaya tidak membelanjakan uang secara impulsif. Sebagian orang cenderung tidak sadar bahwa impulsif berbelanja, apalagi barang-barang yang tidak diperlukan, adalah tanda bahwa mereka kurang atau bahkan tidak memiliki perencanaan  keuangan yang baik.

Tag : kredit hp online
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top