OJK Gandeng BRI Gelar FinEXPO & Sundown Run 2018

Otoritas Jasa Keuangan bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. merayakan Bulan Inklusi Keuangan yang jatuh pada Oktober setiap tahunnya.
Nirmala Aninda | 27 Oktober 2018 15:39 WIB
Pengunjung melintasi logo Bank BRI di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (13/4). - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. merayakan Bulan Inklusi Keuangan yang jatuh pada Oktober setiap tahunnya.

Kali ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng Bank BRI melaksanakan gelaran Financial Inclusion Expo (FinEXPO) yang dirangkai dengan kegiatan fun run, yakni Sundown Run 2018 yang digelar di Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/10/2018).

Dengan mengusung tema “Semua Inklusi, Perlindungan Pasti” kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Konsumer Bank BRI Handayani dan Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara.

“Kegiatan ini merupakan sarana yang baik untuk memasyarakatkan berbagai produk keuangan perbankan kepada masyarakat luas. Melalui event semacam ini, diharapkan masyarakat mampu mengakses berbagai produk-produk perbankan dengan lebih mudah lagi,” ujar Handayani melalui pernyataan resmi, Sabtu (27/10).

Pada kegiatan tersebut OJK meluncurkan empat program inklusi keuangan dan perlindungan konsumen, yaitu:
1. Simpanan Pelajar (SimPel dan SimPel iB) Goes to School
2. Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda): Tabungan bagi kelompok usia 18- 30 tahun dengan dilengkapi fitur asuransi dan/atau produk investasi
3. Reksa Dana Syariahku (SAKU): Program investasi syariah untuk pelajar dan mahasiswa, berupa produk reksa dana syariah dengan persyaratan yang mudah dan sederhana
4. Reksa Dana Mini Mart: Penjualan reksa dana melalui jaringan minimarket

Program reksadana ini diterbitkan untuk menambah alternatif pilihan pembayaran reksa dana, selain melalui transfer bank. Pembayaran reksa dana juga bisa dilakukan secara tunai, e-money, atau kartu debit di seluruh jaringan minimarket terdekat.

Pada kegiatan tersebut, Bank BRI menghadirkan booth pembukaan rekening tabungan SimPel dan SiMuda dengan berbagai program yang menarik.

Pembukaan rekening tabungan SimPel dapat dibuka dengan setoran awal hanya sebesar Rp5.000, sedangkan untuk pembukaan rekening tabungan SiMuda dapat dilakukan dengan melakukan penyetoran awal sebesar Rp50.000.

Handayani juga mengungkapkan bahwa per September 2018, Bank BRI telah berhasil mengimplementasikan program SimPel dengan perolehan lebih dari 18,7 juta rekening dengan total dana sebesar Rp3,8 triliun. Perolehan ini merupakan usaha BRI untuk terus mengedukasi masyarakat sejak dini agar melek berbagai produk keuangan, khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa.

Berdasarkan hasil survei nasional literasi dan inklusi keuangan pada 2016, tercatat indeks literasi keuangan meningkat menjadi 29,7% dari angka 21,8% pada 2013. Begitu pula dengan indeks inklusi keuangan dari sisi tingkat penggunaan produk dan/atau layanan jasa keuangan yang naik dari 59,7% pada 2013 menjadi 67,8% pada 2016.

Menurut Handayani, perlindungan bagi nasabah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya meningkatkan inklusi keuangan agar masyarakat merasa aman dan nyaman serta yakin dalam memanfaatkan berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan perseroan.

"Kegiatan ini kami harapkan dapat menjadi momentum bagi semua pihak untuk terlibat secara langsung dalam literasi dan inklusi keuangan," tuturnya,

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bri, ojk

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top