Asuransi bisa Jadi Pilihan Mempersiapkan Masa Pensiun

Terlambatnya kesadaran mempersiapkan diri sejak muda membuat banyak lansia masuk dalam status ekonomi buruk dan tidak mampu membayar biaya perawatan kesehatan.
Reni Lestari | 29 Desember 2018 08:33 WIB
Dana pensiun - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Terlambatnya kesadaran mempersiapkan diri sejak muda membuat banyak lansia masuk dalam status ekonomi buruk dan tidak mampu membayar biaya perawatan kesehatan.

Kemampuan fisik dan mental manusia tentu akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Sayangnya, memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas tidak sejalan dengan kemampuan membayar biaya rumah sakit. 

Faculty Head of PT Asuransi Jiwa Sequis Life Training Academy of Excellence Samuji menyatakan penting bahwa mereka yang berusia produktif menyadari bahwa hari tua tidak dapat dihindari. 

Dia menerangkan dana pensiun dapat dikumpulkan dengan cara investasi tetapi investasi yang ideal tentu berbeda bagi setiap orang. Asuransi dapat menjadi pilihan persiapan pensiun karena ada unsur proteksi serta ada manfaat pembayaran pensiun sesuai usia pensiun yang dipilih. 

"Asuransi dapat menjadi alternatif persiapan hari tua karena memberikan perlindungan dari risiko finansial, bahkan sebelum masa pensiun itu datang. Dengan asuransi, kita tidak saja mempersiapkan dana pensiun tetapi juga menyiapkan dana warisan bagi keluarga berupa Uang Pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia sebelum atau sesudah usia pensiun. Ini adalah cara menghindarkan keluarga dari risiko finansial yang menjadi awal kebangkrutan dan kemiskinan," papar Samuji dalam keterangan tertulis,  Sabtu (29/12/2018).  
 
Dia menjelaskan asuransi pensiun atau retirement plan terbagi atas dua pilihan, yaitu retirement plan dengan investasi dan retirement plan tradisional.

Dengan investasi, premi cenderung lebih murah tetapi nilai investasi tergantung pada perkembangan hasil investasinya. Sementara itu, untuk cara tradisional, preminya lebih mahal tetapi hasil yang diperoleh pasti dan sudah diketahui besarannya sejak awal.

“Sequis memiliki asuransi retirement life plan, ini adalah produk asuransi jiwa seumur hidup atau whole life yang memiliki beberapa keunggulan, seperti bonus sampai dengan 100% Uang Pertanggungan (UP). Nilai ini  akan dibayarkan perusahaan asuransi (dalam hal ini sebagai penanggung) kepada ahli waris ketika tertanggung meninggal dunia (death terminal bonus)," tuturnya.  

Produk ini juga memiliki manfaat pensiun sebesar 100% dari UP, jika tertanggung masih tetap hidup pada usia akhir tahun polis 55 tahun/60 tahun/65 tahun (sesuai dengan plan yang dipilih). Juga memiliki manfaat jatuh tempo sebesar 100% dari UP apabila Tertanggung mencapai usia 100 tahun ditambah bonus kepada Pemegang Polis jika Tertanggung tetap hidup ketika masa pertanggungan asuransi berakhir (Maturity Terminal Bonus). 

Selagi Anda menyusun resolusi untuk 2019, jangan lupa masukkan persiapan masa pensiun dalam catatan agar hari esok yang lebih baik menjadi milik Anda dan keluarga. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dana pensiun

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top