Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UangTeman Salurkan Pinjaman Rp430 Miliar, Naik Dua Kali Lipat

PT Digital Alpha Indonesia (Uang Teman) berhasil menyalurkan nilai pinjaman senilai Rp430 miliar, meningkat 200% atau dua kali lipat dibandingkan 2017.
Model memegang uang rupiah kertas,/JIBI-Nurul Hidayat
Model memegang uang rupiah kertas,/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Digital Alpha Indonesia (Uang Teman) berhasil menyalurkan nilai pinjaman senilai Rp430 miliar, meningkat 200% atau dua kali lipat dibandingkan 2017.

Presiden Direktur UangTeman Aidil Zulkifli mengatakan sepanjang 2018, pinjaman online UangTeman telah disalurkan kepada lebih dari 50.000 nasabah baru di seluruh Indonesia dengan pengajuan pinjaman hampir 200.000 kali.

“Jika melihat pertumbuhan rata-rata per tahun sejak awal kami berdiri [2015] sebesar hampir 300%. Ini membuktikan bahwa model bisnis dan juga produk pinjaman online mikro jangka pendek [payday loan] telah diterima dengan baik oleh masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resminya Sabtu (26/1/2019).

Sebesar 74% dari total pinjaman merupakan pinjaman berulang. Sementara dari sisi penggunaan pinjaman, mayoritas dana dipakai untuk kebutuhan modal usaha dan kebutuhan dana darurat lainnya, seperti pendidikan, biaya kesehatan, dan konsumsi lainnya.

Selain pesatnya pertumbuhan penyaluran pinjaman online tahun lalu, Uang Teman juga mempertahankan tingkat kredit macet (Non-Performing Loan/NPL) di bawah 3%.

Hal ini dilakukan dengan standar penilaian risiko kredit (credit underwriting) yang mengedepankan prinsip kehati-hatian.

“Kami sangat selektif dalam memberikan persetujuan kredit, sehingga acceptance rate kami tidak sampai seperempat dari total pengajuan setiap bulannya,” ujarnya.

Menurutnya, banyak yang menganggap bahwa penerapan credit underwriting yang hati-hati semata untuk melindungi kepentingan perusahaan. Namun, sesungguhnya hal ini justru untuk melindungi masyarakat atau peminjam itu sendiri agar di kemudian hari tidak mengalami kesulitan dalam pengembalian dana pinjamannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper