Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada 13 Lembaga Penyalur KUR Belum Salurkan Kredit, Ini Daftarnya

Terdapat 13 lembaga penyalur kredit usaha rakyat (KUR) yang belum mulai menyalurkan kredit bersubsidi tersebut hingga Januari 2019. Sebagian di antaranya bahkan tidak menyalurkan KUR sejak 2018.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Terdapat 13 lembaga penyalur kredit usaha rakyat (KUR) yang belum mulai menyalurkan kredit bersubsidi tersebut hingga Januari 2019. Sebagian di antaranya bahkan tidak menyalurkan KUR sejak 2018.

Ketigabelas lembaga penyalur KUR yang belum menunaikan kewajibannya mendistribusikan KUR kepada debitur sampai dengan Januari 2019 terdiri atas bank, lembaga pembiayaan (multifinance), maupun koperasi. Mereka adalah PT Bank Sinarmas Tbk. PT Bank BTPN Tbk., PT Bank Nationalnobu Tbk., PT BPD Sulawesi Tenggara, Adira Dinamika Finance, Mega Central Finance, BCA Finance, Federal International Finance, BFI Finance, Indosurya Finance, First Indo, Koperasi Kospin Jasa, dan KSP Guna Prima Dana.

Pada tahun lalu, juga terdapat 6 lembaga penyalur KUR yang juga tidak menyelesaikan kewajibannya mendistribusikan KUR kepada debitur. Keenam lembaga penyalur tersebut yakni Mega Central Finance, BCA Finance, Federal International Finance, BFI, Indosurya Finance, dan Koperasi Kospin Jasa.

Pada tahun ini, terdapat 47 lembaga keuangan bank maupun nonbank yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan kredit bersubsidi tersebut. Jumlah penyalur bertambah dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 44 penyalur.

Adapun, realisasi penyaluran KUR sampai dengan Januari 2019 telah mencapai Rp9,66 triliun, atau sekitar 7% dari target pada tahun ini yang ditetapkan sebesar Rp139,01 triliun.

Merujuk data dari Komite KUR yang dikutip pada Rabu (3/4/2019), jumlah debitur yang telah dijangkau oleh kredit bersubsidi tersebut per Januari 2019 telah mencapai 354.448 debitur.

Berdasarkan lembaga penyalur, BRI menjadi lembaga penyalur yang paling banyak menyalurkan KUR pada bulan pertama 2019. Tercatat penyaluran KUR oleh BRI telah mencapai Rp6,51 triliun, yang mengalir kepada 312.827 debitur.

Bank Mandiri dan BNI menyusul di posisi kedua dan ketiga penyalur KUR terbesar dengan nilai kredit yang hampir sama. Perinciannya, per Januari 2019 penyaluran KUR oleh Bank Mandiri telah mencapai Rp1,30 triliun yang disalurkan kepada 16.386 debitur. Sementara itu, penyaluran KUR oleh BNI telah mencapa Rp1,30 triliun yang mengalir kepada 17.104 debitur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper