Perusahaan Asuransi di Eropa Buru Surat Utang Negara Berkembang

Perusahaan-perusahaan asuransi di Eropa mengambil lebih banyak surat utang dari negara berkembang seiring adanya kekhawatiran akan kinerja negatif instrumen obligasi
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  04:00 WIB
Perusahaan Asuransi di Eropa Buru Surat Utang Negara Berkembang
Karyawan mencari informasi tentang obligasi di Jakarta, Rabu (17/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan-perusahaan asuransi di Eropa mengambil lebih banyak surat utang dari negara berkembang seiring adanya kekhawatiran akan kinerja negatif instrumen obligasi.

Langkah tersebut dinilai menggambarkan pergeseran strategi investor di Eropa yang biasanya mengisi sebagian besar portofolionya dengan obligasi pemerintah negara maju dan perusahaan-perusahaan besar.

Dilansir dari Reuters, tanda-tanda pergeseran strategi investasi dapat dilihat dari keikutsertaan perusahaan asuransi di Eropa dalam pembelian urang berdenominasi Euro baru-baru ini. Beberapa negara yang menjadi tujuan seperti Ukraina, Indonesia, Arab Saudi, Rumania, Kroasia, Serbia, dan Mesir.

Salah seorang sumber Reuters menjelaskan, perusahaan asuransi dari Jerman, Italia, dan Perancis yang sebelumnya tidak begitu aktif menyasar negara berkembang, kini melirik investasi di Arab Saudi dan Ukraina.

Sementara itu, juru bicara Allianz Global Investors menjelaskan bahwa terdapat peningkatan permintaan surat utang dari para investor perusahaan asuransi. Meskipun begitu, dia tidak menyampaikan secara langsung langkah perusahaannya, yang mengelola lebih dari 200 miliar Euro dari total 571 miliar Euro aset Allianz Group, perusahaan induknya.

"Investor terlibat dalam perburuan untuk hasil, yang mengarah pada peningkatan permintaan untuk surat utang pasar berkembang, yang menawarkan imbal hasil yang menarik dibandingkan dengan kelas aset lainnya," ujar dia dilansir dari Reuters, Senin (12/8/2019).

Adapun, saat ini, diperkirakan 250 miliar Euro atau sekitar 5% dari aset perusahaan asuransi di Eropa diinvestasikan dalam instrumen pendapatan tetap. Komposisi tersebut meningkat dari lima tahun lalu, di mana porsi pendapatan tetap mencakup sekitar 2%–3%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asuransi, surat utang negara

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top