Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Gempa di Wilayah Cincin Api, Lindungi Diri dan Harta Benda Anda

Berada di wilayah ring of fire atau cincin api, masyarakat di Indonesia harus melek bencana dan senantiasi mengantisipasi segala kemungkinan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Berada di wilayah ring of fire atau cincin api, masyarakat di Indonesia harus melek bencana dan senantiasi mengantisipasi segala kemungkinan. 

Sebagai negara yang terletak antara lempeng Australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik, serta cincin api pasifik, Indonesia menjadi negara dengan wilayah rawan gempabumi. Gempabumi pada  2 Agustus 2019, Pukul 19.05 WIB di Samudera Hindia wilayah Banten, Jawa Barat sebesar 6.9 M adalah salah satu contohnya.

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terdapat 10 wilayah yang masuk dalam Zona Duga Aktif terjadinya gempabumi dan 52 gempa signifikan dengan magnitudo di atas 5,0 sepanjang Agustus 2019 saja.

Fakta tersebut menyadarkan kita untuk memiliki pengetahuan yang baik dalam menghadapi gempa bumi.

Berikut ini beberapa hal mudah yang bisa kita siapkan sebagai upaya perlindungan diri dari gempa bumi :

1. Miliki pengetahuan gempa bumi yang baik

2. Kenali lingkungan dan rute evakuasi tempat Anda beraktivitas

3. Persiapan rutin pada tempat Anda bekerja dan tinggal:

  • Pastikan perabotan (lemari, cabinet, dll) diatur menempel pada dinding (dipaku, diikat, dll) dan tempatkan barang-barang berat pada rak bagian bawah untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa bumi.
  • Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran
  • Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

4. Siapkan emergency bag yang berisi identitas, uang tunai dan keperluan pribadi (obat-obatan, alat mandi, selimut, pakaian, senter, pisau lipat multifungsi dan masker)

  • Pada saat situasi darurat, kemungkinan listrik terputus akan sangat mungkin terjadi. Hal ini akan menyebabkan sejumlah fasilitas ATM, online payment dan debit mengalami offline dan sulit bagi kita untuk mengetahui kapan fasilitas tersebut akan pulih. Oleh karena itu, penting untuk selalu memiliki uang tunai dalam dompet walaupun saat ini kehidupan sehari-hari sudah dimudahkan dengan adanya uang elektronik.

5. Download aplikasi BMKG untuk mengetahui perkembangan terkini dan paling akurat mengenai gempa bumi.

6. Pastikan baterai handphone terisi penuh agar bisa memberikan kabar kepada keluarga dan rekan, ataupun untuk memantau perkembangan situasi terbaru melalui siaran radio bilamana terjadi bencana

7. Aktifkan fitur Crisis Response di platform social media, sebagai salah satu cara memberikan berita kepada saudara dan rekan Anda mengenai kondisi Anda pascakejadian.

Amat penting bagi kita untuk melindungi diri ketika situasi darurat terjadi. Namun, selain perlindungan diri dan keluarga, Anda juga perlu memikirkan kondisi pascakejadian. Berapa banyak kerugian material yang harus diderita akibat kejadian tersebut yang dapat mengganggu kondisi keuangan Anda ke depan.

Menurut Bernard P. Wanandi, VP Director PT. Asuransi MSIG Indonesia, antisipasi kerugian adalah hal penting bagi setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang perlu memikirkan rencana proteksi diri dan harta miliknya dengan serius.

"Proteksi terbaik adalah yang mampu memberikan manfaat secara komprehensif, mulai dari kecelakaan diri hingga kerugian material, " ujar Bernard dalam keterangan tertulis, diterima Selasa (13/8/2019).

Jadi, pastikan untuk selalu mempersiapkan diri apabila hal tak diinginkan terjadi seperti kecelakaan diri ataupun kerusakan harta benda yang tak sedikit jumlahnya. Penting untuk melindungi diri dan harta benda yang Anda miliki dengan asuransi terbaik.

Asuransi yang tepat adalah asuransi yang mampu memberikan jaminan bagi kecelakaan diri Tertanggung dan keluarga serta kerusakan harta benda yang diakibatkan oleh gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Saeno
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper