Tingkatkan Layanan Pembayaran UMKM, Ralali.com Gandeng BCA

Platform marketplace business to business (B2B) Ralali.com menggandeng sejumlah lembaga jasa keuangan, termasuk PT Bank Central Asia Tbk. untuk meningkatkan layanan bagi pelaku UMKM dalam mengelola dan memajukan usaha.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 15 Agustus 2019  |  19:20 WIB
Tingkatkan Layanan Pembayaran UMKM, Ralali.com Gandeng BCA
Ralali.com - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Platform marketplace business to business (B2B) Ralali.com menggandeng sejumlah lembaga jasa keuangan, termasuk PT Bank Central Asia Tbk. untuk meningkatkan layanan bagi pelaku UMKM dalam mengelola dan memajukan usaha.

Vice President Partnership & Monetizing Ralali.com Alvin Aulia Akbar mengatakan pada pertengahan tahun ini pihaknya memang terus meningkatkan kerja sama dengan partner fintech demi memberikan kemudahan bagi pelaku usaha skala mikro, kecil dan menengah.

Teranyar, Ralali kerja sama dengan BCA untuk menyediakan layanan pembayaran mudah, praktis, dan pro-UMKM yakni melalui BCA KlikPay.

“Misi BCA untuk meningkatkan pembiayaan UMKM sejalan dengan misi Ralali.com untuk memberikan kemudahan bagi UMKM dalam pemenuhan kebutuhan usaha secara holistic, salah satunya menghadirkan metode pembayaran alternative melalui BCA KlikPay,” demikian disampaikan Alvin lewat keterangan tertulis, Kamis (15/8/2019).

Dia menambahkan, layanan pembayaran tersebut diharapkan dapat mempercepat para pelaku UMKM yang merupakan sahabat Ralali.com dalam melakukan transaksi perbankan.

“Kerja sama jangka panjang dan strategis akan terus kami lakukan ke depannya dengan inisiatif mendorong perkembangan UMKM. Kami senantiasa meningkatkan pengalaman berbelanja serba mudah di Ralali.com dan memberikan signifikasi bagi kemajuan bisnis UMKM dengan kolaborasi bersama para partner,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan kehadiran metode pembayaran baru yakni KlikPay dan BCA dibarengi dengan beberapa promo bertajuk Usaha Unggul Terus, Banyak Untung yang disingkat dengan istilah “Agustus-an Bung!” bagi UMKM. Promo yang ditawarkan antara lain cashback hingga maksimal 74% selama periode 1-18 Agustus 2019.

Menyambut momen HUT ke-74 RI, UMKM yang melakukan pembayaran melalui BCA KlikPay pada periode 16-18 Agustus juga akan meraih cashback tambahan sebesar Rp178.000 untuk minimal transaksi Rp700.000 yang berlaku untuk semua kategori kecuali digital goods.

“Promo spesial ini bertujuan membantu sahabat Ralali.com atau pembeli untuk mendapatkan harga murah di setiap transaksi kebutuhan usaha. Promo ini juga diharapkan menarik perhatian UMKM yang belum melakukan aktivitas belanja di Ralali.com.”

Lewat kerja sama dengan BCA tersebut, Ralali.com berharap transaksi di platform tersebut dapat meningkat secara signifikan.

Selain akses pembayaran, beberapa aspek lain juga menjadi fokus Ralali.com dalam mengembangkan ekosistem berbasis teknologi bagi UMKM Indonesia seperti akses pendanaan, asuransi, investasi dan digital goods.

Ralali.com menargetkan untuk melakukan pemberdayaan 1 juta UMKM lewat ekspansi ke 25 kota se-Indonesia pada tahun 2019. Hal itu selaras dengan program pemerintah mendorong 8 juta UMKM Go Online hingga 2020. Saat ini baru ada 3,79 juta UMKM yang memanfaatkan platform online untuk pembayaran atau pemasaran.

Di lain pihak, PT Bank Central Asia Tbk. juga membidik peningkatan penyaluran kredit untuk segmen UMKM. Sesuai aturan pemerintah, industri perbankan ditargetkan meningkatkan porsi pembiayaan UMKM hingga mencapai 20% dari total portofolio.

Adapun, sampai bulan kelima tahun 2019, total penyaluran kredit BCA ke UMKM mencapai Rp73,4 triliun, mengambil porsi sekitar 13% dari total kredit. “Realisasi itu meningkat 20,7% secara year on year dengan rasio kredit sekitar 13%,” kata Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra kepada Bisnis, belum lama ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bca, perbankan

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top