Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APPI: Pertumbuhan Pembiayaan Indonesia Timur Didorong Produksi Nikel

Asosiasi pembiayaan menilai pertumbuhan pembiayaan di Indonesia timur didorong oleh produksi nikel oleh smelter yang baru beroperasi.

Bisnis.com, JAKARTA -- Asosiasi pembiayaan menilai pertumbuhan pembiayaan di Indonesia timur didorong oleh produksi nikel oleh smelter yang baru beroperasi.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), piutang pembiayaan di wilayah Indonesia timur tumbuh 12,01% menjadi Rp46,36 triliun per Juli 2019, dari sebelumnya Rp41,39 triliun pada Juli 2018. Pembiayaan di Indonesia timur memang masih mini, yakni 8,93% dari total piutang pembiayaan di Indonesia dan luar negeri. 

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno mengatakan peningkatan pembiayaan di Indonesia timur karena terdapat peningkatan hasil bumi seperti nikel yang diproduksi oleh sejumlah smelter baru yang beroperasi di Indonesia timur seperti Sulawesi.

“Indonesia timur penghasilannya nikel cukup besar, kopi juga. Namun, memang pertumbuhan itu tidak merata jadi secara nasional pertumbuhannya masih tidak cukup baik. Kalau [dampak] infrastruktur proyeknya dari ujung barat sampai timur juga ada,” katanya saat dihubungi Bisnis, Minggu (15/9). 

Dia meyakini, pertumbuhan pembiayaan di Indonesia timur yang cukup signifikan ini bakal mendorong pertumbuhan di sektor lainnya seperti kendaraan penumpang.

“Kami harus lihat dari waktu ke waktu apakah ke depannya terus prospek. Ini tergantung regulasi apa yang cukup memberikan relaksasi atau memberi manfaat di sana,” katanya. 

Direktur Utama PT Mandiri Utama Finance (MUF) Stanley S. Atmadja mengatakan MUF masih fokus menggarap pasar Indonesia barat. Hal ini terlihat dari konsentrasi sebaran distribusi MUF, khususnya untuk jaringan kantor, masih lebih banyak di Indonesia bagian barat. 

Hal ini disebabkan pengembangan jaringan di Indonesia bagian timur baru mulai dikembangkan pada awal tahun 2018. 

“Namun demikian, Indonesia bagian timur memiliki potensi yang besar untuk pengembangan industri otomotif mengingat pemerintah sudah memulai untuk pembangunan infrastruktur untuk Indonesia bagian timur,” katanya. 

MUF belum berencana untuk mengembangkan kantor cabang di Indonesia timur, lantaran ekspansi lebih ke arah intensifikasi, bukan ekstensifikasi. Saat ini, MUF telah menyebar kantor cabang di Indonesia timur di dua wilayah seperti Bali dan Sulawesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper