Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saat Ekspor Loyo, Pembiayaan BNI Justru Melesat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. hingga September 2019 mencatatkan kenaikan volume transaksi dan pembiayaan ekspor sebesar dua digit. Secara berurutan, volume transaksi dan pembiayaan ekspor bank naik 19,86% secara tahunan (year-on-year/yoy) dan 17,50% yoy.
Karyawan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan penjelasan pada pengunjungpameran dagang produk dan jasa Indonesia berskala internasional yang digelar oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI), 16-20 Oktober 2019,  di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD./Bisnis-istimewa
Karyawan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan penjelasan pada pengunjungpameran dagang produk dan jasa Indonesia berskala internasional yang digelar oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI), 16-20 Oktober 2019, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD./Bisnis-istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ekspor melemah, penyaluran pebiayaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. hingga September 2019 justru mencatatkan kenaikan volume transaksi dan pembiayaan ekspor sebesar dua digit. Secara berurutan, volume transaksi dan pembiayaan ekspor bank naik 19,86% secara tahunan (year-on-year/yoy) dan 17,50% yoy.

Direktur Tresuri dan Internasional BNI Bob Tyasika Ananta menjelaskan bahwa transaksi ekspor disokong oleh sejumlah komoditas. Sektor minyak, gas, dan mineral naik 22,2% yoy, kimia 111,44% yoy, besi dan baja 76,90% yoy, dan produk sayuran 47,52% yoy.

“Dengan demikian, diperkirakan pencapaian pertumbuhan pembiayaan ekspor-impor BNI di akhir tahun 2019 adalah sebesar 28,1% yoy,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (21/10/2019).

Bob melanjutkan bahwa pembiayaan ekspor-impor BNI di kantor cabang luar negeri juga mencatat pertumbuhan signifikan. Per September 2019, realisasinya naik 33,1% yoy. Mayoritas pembiayaan tersebut diberikan kepada perusahaan perdagangan dan manufaktur yang sebagian besar berorientasi ekspor.

Selanjutnya untuk mencapai target akhir tahun terkait dengan pembiayaan ekspor-impor, BNI di dalam negeri aktif melakukan pendampingan kepada eksportir di Indonesia. Di sisi lain, kantor cabang luar negeri BNI yang berlokasi di Singapura, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat juga berperan aktif dalam menfasilitasi pemasaran produk ekspor Indonesia.

Adapun pada tahun ini BNI kembali berpartisipasi aktif Trade Expo Indonesia (TEI) 2019. Pameran dagang produk dan jasa Indonesia berskala internasional ini digelar oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI), 16-20 Oktober 2019, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD. Perseroan memamerkan sejumlah produk dan layanan unggulan yang mampu memfasilitasi kebutuhan para nasabah terkait dengan transaksi internasional.

Bob mengungkapkan bahwa melalui keunggulan produk dan layanan perbankan internasional, BNI berupaya mengakomodir transaksi bisnis yang berlangsung antara para perusahaan eksportir Indonesia dan pembeli potensial di TEI 2019. Satu di antaranya adalah menawarkan kemudahan dalam bentuk produk & layanan BNI Smart Trade.

BNI juga secara langsung menghadirkan perwakilan dari sejumlah Kantor Cabang Luar Negeri BNI antara lain Hong Kong dan Seoul serta Japan Desk dengan tujuan untuk melakukan pendekatan dan menggali potensi bisnis dari para potential buyers.

“Khususnya yang berasal dari Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan terkait pemberian fasilitas pembiayaan ekspor-impor dan fasilitas trade finance,” kata Bob.

Adapun TEI merupakan ajang promosi produk berkualitas Indonesia ke pasar global. Hal tersebut seiring dengan tema TEI ke-34 yaitu ”Moving Forward to Serve the World”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper