Nabung Emas, Alternatif Investasi Terjangkau dan Praktis

Saat ini, harga emas batangan (logam mulia) Antam saja sudah mencapai Rp745.000 per gram (harga per 8 November 2019). Jika ingin membeli emas Antam ukuran 5 gram, setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rp3,545 juta.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 09 November 2019  |  06:00 WIB
Nabung Emas, Alternatif Investasi Terjangkau dan Praktis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak dulu hingga sekarang, emas masih menjadi primadona aset investasi bagi banyak orang. Namun bagi sebagian orang, investasi emas memang tidak murah.

Saat ini, harga emas batangan (logam mulia) Antam saja sudah mencapai Rp745.000 per gram (harga per 8 November 2019). Jika ingin membeli emas Antam ukuran 5 gram, setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rp3,545 juta.

Beberapa orang yang hendak berinvestasi emas cenderung harus mengumpulkan dana terlebih dahulu dengan cara menabung di tabungan biasa dan baru dibelikan emas fisik ketika dana mencukupi. Cara ini tentu cukup merepotkan dan tidak praktis. Belum lagi jika dana tabungan bisa saja sewaktu-waktu terpaksa harus digunakan untuk kebutuhan darurat. Bisa-bisa rencana investasi emas harus tertunda.

Nah, saat ini sudah ada fasilitas layanan yang bernama tabungan emas. Konsep tabungan emas hampir sama dengan konsep menabung di bank pada umumnya. Anda menyetorkan sejumlah uang kepada lembaga penyedia layanan, kemudian saldo uang tersebut akan dikonversi ke dalam bentuk gram emas. Anda bisa menabung emas dari gram dan harga terendah.

Berbeda dengan membeli emas biasa, pada layanan nabung emas ini Anda tidak langsung memperoleh emas dalam bentuk fisik. Fisik emas dapat dicetak nantinya jika memang dibutuhkan. Konsep ini memungkinkan kita memiliki simpanan emas tanpa harus repot menyimpan fisik emas.

  1. Tabungan Emas Pegadaian

Pegadaian menyediakan layanan tabungan emas yang bernama Tabungan Emas Pegadaian. Melalui layanan ini, Anda bisa menabung emas mulai dari ukuran terkecil, yakni 0,01 per gram atau seharga Rp7.190 (harga per 8 November 2019). Saldo tabungan akan dikonversi menjadi emas sampai dengan empat digit di belakang koma.

Untuk membuka rekening, nasabah hanya diwajibkan memiliki identitas yang masih berlaku, seperti KTP atau paspor. Anda juga perlu menyiapkan uang Rp10.000 untuk biaya administrasi dan biaya fasilitas penitipan emas sebesar Rp30.000 per tahun. Jika pembukaan rekening dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital maka bebas biaya administrasi dan biaya penitipan akan digratiskan untuk 1 tahun pertama.

Menabung emas (top up) bisa dilakukan melalui outlet Pegadaian, ATM, aplikasi Pegadaian Digital, ataupun agen Pegadaian. Untuk transaksi top up tersebut mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari per CIF.

Saldo emas dapat dicetak dalam bentuk emas batangan jenis Antam atau UBS. Biaya cetak emas Antam mulai dari Rp85.000 hingga Rp632.000, tergantung ukuran emas yang hendak dicetak. Sedangkan biaya cetak UBS lebih murah, mulai dari Rp40.000 hingga Rp507.000. Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram.

Selain dicairkan dalam bentuk emas fisik, saldo emas juga bisa dijual kembali dengan harga buyback mulai dari 1 gram. Per 8 November 2019, harga buyback emas batangan di Pegadaian adalah Rp670.000 per gram.

  1. Brankas LM Antam

PT Antam juga memiliki layanan beli-titip emas serupa dengan tabungan emas Pegadaian yang bernama Brankas LM Antam. Anda bisa membeli emas dengan harga yang lebih murah karena belum dikenakan biaya cetak. Pembelian minimal mulai dari ukuran 1 gram.

Untuk menjadi anggota, calon nasabah dapat melakukan pendaftaran secara langsung di kantor LM atau Butik Emas LM di seluruh Indonesia. Dokumen yang dipersyaratkan antara lain, fotokopi kartu identitas yang berlaku (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Kartu Keluarga untuk keperluan ahli waris.

Biaya administrasinya mulai dari Rp100.000/tahun hingga Rp2,5 juta/tahun sesuai dengan tipe keanggotaan yang terdiri atas, Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, dan Prioritas.

Selain melayani pengambilan emas dalam bentuk fisik, saldo Brankas dapat ditarik dalam bentuk uang tunai mengikuti harga buyback Brankas yang lebih tinggi dibandingkan harga buyback emas fisik.

Untuk biaya cetak emas mulai dari Rp51.000. Biaya ini berbeda-beda tergantung ukuran cetakan emas dan lokasi pengambilan.

Adapun pembelian (top up) dapat dilakukan dengan dua cara, dilakukan sendiri secara online pada laman www.brankaslm.com atau datang ke Kantor Logam Mulia Pulo Gadung atau ke Butik Emas di kota-kota besar di Indonesia. Metode pembayaran yang tersedia untuk transaksi online adalah Transfer Mandiri dan Akun Virtual Bank Permata.

  1. BukaEmas

Layanan nabung emas juga tersedia di marketplace, seperti salah satunya Bukalapak. Layanan yang disebut BukaEmas ini merupakan kerja sama antara Bukalapak dengan  PT Sinar Rezeki Handal (Indogold) dan PT Aneka Tambang Tbk. (Antam).  Di sini, Bukalapak berperan sebagai penyedia platform dan Indogold sebagai penjual.

Melalui program BukaEmas, pengguna dapat membuka tabungan emas dengan minimal transaksi mulai dari 0,0001 gram atau kurang lebih senilai Rp100. Pengguna dapat melakukan transaksi jual, beli, dan tarik emas cukup menggunakan akun Bukalapak milik pengguna tanpa harus melakukan pendaftaran lagi.

Emas di Bukalapak merupakan emas cetakan Antam dan tersertifikasi LBMA (London Bullion Market Association). Emas disimpan dengan aman di Logam Mulia (LM) Antam yang dapat dijual dan ditarik kapan saja. Pengguna BukaEmas dapat menarik keping emas untuk dikirim ke alamatnya jika saldo emas sudah mencapai 1 gram. Pemilik emas hanya perlu membayar biaya sertifikat dan biaya pengirimannya saja.

  1. Tokopedia Emas

Fitur ini merupakan kerja sama antara Tokopedia dengan PT Pegadaian (Persero). Anda bisa membeli, menabung, dan menjual emas yang dimiliki kapan saja saat harga pasar dirasa menguntungkan. Setiap gram emas yang Anda beli akan dikonversikan menjadi bentuk fisik dan akan dititipkan di Pegadaian.

Pembelian dan penjualan emas dapat dilakukan mulai dari nominal minimum Rp500.  Cara menabung bisa dilakukan dengan membuka halaman Tokopedia Emas melalui situs resmi Tokopedia.

Tentukan berapa rupiah yang ingin Anda belanjakan atau berapa gram emas yang ingin Anda beli. Pilih metode pembayaran yang paling mudah dan sesuai kebutuhan. Setelah pembayaran Anda terverifikasi, emas akan langsung masuk ke tabungan Tokopedia Emas Anda.

Terdapat tiga kategori keanggotaan dalam fitur ini. Level keanggotaan Gold Club, yakni dapat memiliki tabungan emas hingga 1 gram, jual dan beli hingga 10 gram per bulan. Level Gold Prime, dapat memiliki tabungan emas hingga 10 gram, jual dan beli hingga 10 gram per bulan, serta dapat berlangganan tanpa biaya tambahan. Terakhir level Gold Prestige, bebas menabung emas tanpa batas, jual dan beli tanpa batas bulanan, serta dapat berlangganan tanpa biaya tambahan.

  1. Cicilan emas di Bank Syariah

Selain itu, beberapa bank syariah, seperti BCA Syariah dan Bank Syariah Mandiri juga menawarkan program pembiayaan emas dengan harga terjangkau. 

Misalnya, BCA Syariah melalui program EMAS iB menawarkan pembiayaan emas minimal pecahan 10 gram emas dan maksimal Rp150 juta dengan uang muka minimal 20 persen dari harga beli emas.   Jangka waktu pembiayaan mulai dari 2 tahun hingga 5 tahun. 

Adapun pembayaran cicilan dilakukan secara autodebet dari rekening nasabah di BCA Syariah.  Untuk mengikuti program ini, nasabah akan dikenakan biaya administrasi mulai dari Rp50.000-Rp20.000, tergantung berat emas yang dibeli.

Hampir sama dengan BCA Syariah, Bank Syariah Mandiri menawarkan produk serupa bernama BSM Cicil Emas. Ketentuan pembiayaan tidak jauh berbeda dengan BCA Syariah, yakni pembiayaan minimal mulai dari 10 gram  dan maksimal Rp150 juta dengan uang muka minimal 20 persen dari harga beli emas.   Jangka waktu pembiayaan mulai juga sama, yakni mulai dari 2-5 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
emas

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top