Gandeng Start Up, Strategi BRI Wujudkan Integrated Financial Solution

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menggelar BRI Innovation Lab Program. Program ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan BRI untuk mengajak startup di berbagai bidang industri, menggali potensi bisnis, serta kerjasama yang kolaboratif, elaboratif dan inovatif antara Bank BRI, BRI Group dengan para pelaku startup di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menggelar BRI Innovation Lab Program. Program ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan BRI untuk mengajak startup di berbagai bidang industri, menggali potensi bisnis, serta kerjasama yang kolaboratif, elaboratif dan inovatif antara Bank BRI, BRI Group dengan para pelaku startup di Indonesia.

Program yang mengambil tema "Business Collaboration In Achieve Financial Integration" ini akan diselenggarakan pada 3-11 Desember 2019 di BRILian Center, Kantor Pusat BRI Jakarta.

Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo mengungkapkan bahwa di tahun 2020 Bank BRI akan fokus untuk mewujudkan integrated financial solution atau memberikan solusi keuangan yang terintegrasi kepada masyarakat.

"Dengan target menjadi financial integrated solution, maka Bank BRI harus mampu menjawab seluruh kebutuhan nasabah terkait dengan transaksi perbankan dan non perbankan secara komprehensif. Kita juga harus bisa menghadirkan produk layanan keuangan yang terintegrasi dengan berbagai ekosistem keuangan yang mendukung kebutuhan lifestyle hingga kebutuhan dasar masyarakat," imbuhnya.

Dalam acara tersebut, dilakukan berbagai macam kegiatan diantaranya, Business Matchmaking dan Business Pitching Idea antara Bank BRI, BRI Grup dan Industri Startup, dengan output berupa proposal bisnis yang bersifat kolaboratif dan menghasilkan potensi bisnis bagi Bank BRI dan BRI Grup. Dalam program ini juga menghadirkan program Digital Talent Management untuk menghasilkan Product Manager yang bertalenta dan memiliki Digital Mindset.

Mengawali program BRI Innovation Lab, pada 3 Desember 2019 para peserta yang terdiri dari pelaku start up, BRI group dan Bank BRI akan saling mempresentasikan proposal dan ide bisnisnya masing-masing. Selanjutnya pada tanggal 4-7 Desember, para peserta diberikan waktu untuk mengelaborasi ide bisnis tersebut yang menyangkut business model, implementasi strategi sampai studi kelayakan. Hasil formulasi dan elaborasi dari proposal bisnis tersebut diajukan pada 8 Desember 2019.

Selanjutnya, pada 11 Desember 2019 merupakan acara puncak dan akan diumumkan 20 start up dan BRI Group yang berhasil menjadi finalis. Selain itu, juga akan diumumkan peraih kategori The Best Collaboration Start up dan The Best Product Manager BRI Group.

Bagi pemenang dari kategori start up berhak mendapatkan BRI Venture Pipeline, sertifikat, uang tunai senilai Rp 20 juta dan BRIZZI, sementara dari kategori BRI Group juga berhak memperoleh penghargaan, sertifikat, BRIZZI dan smartphone.

Kolaborasi yang dilakukan antara Bank BRI dengan startup kali ini kembali memanfaatkan platform BRIAPI yang telah dibangun sebagai landasan dasar digitalisasi produk dan layanan Bank BRI. BRIAPI adalah platform pertama di Indonesia yang telah tersertifikasi dan mendapat izin dari regulator dan satu-satunya API yang telah mendapat sertifikasi ISO 27001 dalam rangka membangun super ekosistem digital di Tanah Air.

"Kami berharap, acara ini dapat menghasilkan pola kolaborasi bisnis antara Bank BRI dan BRI Grup dengan start up yang bergerak di berbagai industri keuangan. Sehinga memunculkan ide-ide baru dalam menjalin kerjasama antara Bank BRI, BRI Group dan start up untuk mewujudkan financial integrated solution dan inklusi keuangan guna mendorong ekonomi kerakyatan di Indonesia," tutup Indra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper