Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI: Agen BRILink bikin Masyarakat Makin Jarang ke Kantor Bank

Keberadaan Agen BRILink membuat masyarakat makin mudah melakukan transaksi di mana pun dan kapan pun. Hal ini membuat transaksi keuangan di kantor cabang BRI menurun dibanding tahun lalu. Hal ini sekaligus mendukung terciptanya keuangan inklusif di tengah masyarakat.
Nasabah berada didekat logo bank BRI di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Nasabah berada didekat logo bank BRI di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kemajuan teknologi dirasakan betul oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kini, Anda tak perlu lagi repot-repot datang ke kantor BRI untuk melakukan transaksi keuangan.

Musababnya, kini Agen BRILink mampu meningkatkan layanan keuangan tanpa kantor (branchless banking). Hal ini sekaligus mendukung terciptanya keuangan inklusif di tengah masyarakat.

Dalam catatan perusahaan, keberadaan mereka saat ini telah mengurangi transaksi di jaringan kantor konvensional milik Bank  BRI. Hingga akhir tahun 2019, tercatat transaksi di kantor cabang Bank BRI menjadi 10,1% dari seluruh total transaksi, atau turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 14,9%.

Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto menyampaikan salah satu faktor yang membuat masyarakat kian jarang bertransaksi di kantor cabang BRI di antaranya pesatnya pertumbuhan transaksi menggunakan e-channel BRI, salah satunya Agen BRILink yang mencapai 422.160 agen di seluruh Indonesia.

“Hingga tahun 2019, jumlah transaksi finansial Agen BRILink mencapai 521 juta transaksi, atau tumbuh 37,6% year on year. Pertumbuhan yang pesat ini disebabkan oleh pengembangan fitur secara terus menerus, sehingga masyarakat semakin dimudahkan dalam transaksi keuangan. Sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor cabang konvensional,” ujarnya dalam siaran pers BRI, Selasa (11/2/2020).

Adapun, saat ini Agen BRILink sudah terdapat di 51.661 desa di seluruh Indonesia, di mana hal tersebut tentunya semakin mendekatkan akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Amam menuturkan beberapa alasan mengapa masyarakat mulai beralih bertransaksi melalui Agen BRILink dibandingkan di kantor cabang konvensional. Antara lain akses atau faktor kedekatan dengan tempat tinggal serta fleksibilitas jam pelayanan.

"Nasabah tidak perlu dandan atau berpakaian rapi, serta Agen BRILink mempunyai fleksibilitas dalam hal jam pelayanan dibandingkan dengan kantor cabang Bank BRI,” urai Amam.

Hingga akhir tahun 2019 transaksi Mobile Banking BRI tercatat sebesar 370,5 juta transaksi atau tumbuh 16,7% yoy sedangkan Internet Banking BRI tercatat 1,1 miliar transaksi, tumbuh 103,4% yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Andya Dhyaksa
Editor : Andya Dhyaksa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper