Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIMB Niaga Dukung Penghimpunan Zakat, Sedekah, dan Wakaf Pakai QR Code

CIMB Niaga Syariah bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) menyediakan layanan pembayaran zakat, sedekah, dan wakaf secara digital menggunakan QR Code.
Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara (kanan) berpose dengan Direktur Mastercard Indonesia Tommy Singgih di sela-sela peluncuran kartu kredit CIMB Niaga Syariah, di Jakarta, Rabu (17/10/2018)./JIBI-Endang Muchtar
Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara (kanan) berpose dengan Direktur Mastercard Indonesia Tommy Singgih di sela-sela peluncuran kartu kredit CIMB Niaga Syariah, di Jakarta, Rabu (17/10/2018)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga Syariah) bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) menyediakan layanan pembayaran zakat, sedekah, dan wakaf secara digital menggunakan QR Code.

Program tersebut akan diimplementasikan di 2.500 Masjid Mitra Pengelola Zakat dan Kantor Perwakilan DT Peduli yang tersebar di berbagai kota di Tanah Air.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, melalui kerja sama ini CIMB Niaga Syariah membantu para pengurus masjid dalam mengoptimalkan penghimpunan dana zakat, sedekah, dan wakaf dari jamaah secara nontunai (cashless).

Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk bertransaksi finansial melalui aplikasi pembayaran digital.

“Sebagai UUS Bank BUKU 4 dengan layanan perbankan digital terlengkap di Indonesia, CIMB Niaga Syariah siap memfasilitasi para pengurus masjid melakukan digitalisasi pengelolaan sakat, sedekah, dan wakaf agar lebih transparan dan mudah diakses oleh masyarakat. Salah satu inisiatif tersebut yaitu memanfaatkan QR CIMB Niaga Syariah sebagai media pembayaran,” katanya lewat keterangan tertulis, Selasa (31/3/2020).

Implementasi dari kerja sama tersebut kini telah dilakukan dengan menyediakan 132 QR CIMB Niaga Syariah yang tersebar di masjid, mitra, dan kantor perwakilan DT Peduli.

Dalam program ini, masing-masing masjid diberikan 3 QR Code sesuai jenis donasinya yaitu zakat, sedekah, dan wakaf. QR tidak hanya disediakan di dalam masjid, para pengurus pun dapat menyebarkannya kepada jamaah melalui smartphone, sehingga donasi tetap dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Pandji bersyukur pada tahap pilot project, hasil transaksi donasi zakat, sedekah, dan wakaf melalui QR Code menunjukkan tren positif.

Dia berharap performa yang baik tersebut dapat terus dijaga dan ditingkatkan seiring terus bertambahnya masjid mitra DT Peduli yang akan mengimplementasikan pembayaran menggunakan QR Code tersebut.

Dia menerangkan, pembayaran zakat, sedekah, dan wakaf menggunakan QR Code mudah dilakukan dan praktis. Nasabah cukup membuka aplikasi Go Mobile CIMB Niaga dan pilih fitur QR Payment. Kemudian pindai/scan QR yang tersedia, masukkan jumlah yang ingin didonasikan dan kirim.

Adapun, bagi masyarakat yang belum menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah, pembayarannya dapat dilakukan dengan scan QR menggunakan dompet digital (e-wallet) atau aplikasi lain yang telah menerapkan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

Pandji menjelaskan, dana yang dikumpulkan dari program ini akan disalurkan untuk meningkatkan kemakmuran masjid. Selain itu, donasi tersebut juga akan digunakan DT Peduli untuk membantu masyarakat dalam menghadapi merebaknya pandemi Corona (COVID-19).

Dalam kondisi saat ini, Pandji juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga kesehatan diri dan keluarga, membatasi pertemuan dengan banyak orang, menerapkan jarak aman (physical distancing), sering mencuci tangan, dan memakai masker bila sakit flu atau batuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper