Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Permintaan Kredit Lesu, Nasabah Lebih Memilih Menabung

Jumlah dana simpanan masyarakat atau dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun perbankan mengalami peningkatan pada bulan kedua tahun 2020 yang dibarengi dengan rendahnya permintaan kredit baru.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  22:32 WIB
Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan (kiri) berpose bersama Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan (kanan) di sela pembukaan pameran perbankan ritel CIMB Niaga XTRA XPO di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (16/2 - 2019). - Bank CIMB Niaga
Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan (kiri) berpose bersama Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan (kanan) di sela pembukaan pameran perbankan ritel CIMB Niaga XTRA XPO di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (16/2 - 2019). - Bank CIMB Niaga

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah dana simpanan masyarakat atau dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun perbankan mengalami peningkatan pada bulan kedua tahun 2020 yang dibarengi dengan rendahnya permintaan kredit baru.

Direktur Konsumer PT Bank CIMB Niaga Tbk. Lani Darmawan mengatakan dengan kondisi merebaknya COVID-19, masyarakat cenderung menahan belanja. Akibatnya, masyarakat lebih memilih menyimpan dananya ketimbang mengambil kredit.

"Selain itu ada social distancing, juga mengingat wabah COVID-19 belum tahu sampai seberapa besar dampaknya terhadap usaha maupun kehidupan sehari-hari. Sehingga masyarakat lebih suka mengambil jalan yang rendah resiko dengan menempatkan cash di bank dalam bentuk CASA dan deposito," katanya kepada Bisnis, Selasa (31/3/2020).

Di samping rendahnya permintaan kredit, Lani menuturkan, bank saat ini juga lebih selektif dalam menyalurkan kredit, dengan lebih memperketat syarat kreditnya.

Bank Indonesia mencatat, dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun perbankan per Februari 2020 sebesar Rp5.806,9 triliun, atau tumbuh 7,5% secara tahunan (year-on-year/yoy).

Capaian tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan Januari 2020, di mana DPK tercatat sebesar Rp5.721,9 triliun atau tumbuh 6,6% yoy.

Peningkatan DPK tersebut dikontribusi oleh semua jenis simpanan, baik giro, tabungan, maupun simpanan berjangka.

Sementara itu, penyaluran kredit tercatat melambat hampir pada seluruh segmen. Per Februari 2020, kredit perbankan yang disalurkan tercatat sebesar Rp5.544,0 triiun atau tumbuh 5,5% secara tahunan.

Berdasarkan jenis penggunaan, perlambatan kredit juga terjadi pada segmen modal kerja, investasi dan konsumsi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top