Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat UMKM Hadapi Corona, Alami Sediakan Pembiayaan Budi Daya Ikan via eFishery

PT Alami Fintek Sharia, yang dikenal dengan nama Alami menjalin kerja sama dengan eFishery sebuah perusahaan Aquaculture Intelligence pertama di Indonesia.
Kerja sama PT Alami Fintek Sharia dengan eFishery,  perusahaan Aquaculture Intelligencepertama di Indonesia./Istimewa
Kerja sama PT Alami Fintek Sharia dengan eFishery, perusahaan Aquaculture Intelligencepertama di Indonesia./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Alami Fintek Sharia, yang dikenal dengan nama Alami menjalin kerja sama dengan eFishery sebuah perusahaan Aquaculture Intelligence pertama di Indonesia.

Kerja sama ini merupakan bagian dari kampanye besar Alami #BuatMerekaTangguh pada sektor UMKM yang terpengaruh oleh pandemi Covid-19.

Bentuk kerja sama ini berupa penyediaan pembiayaan bagi para pembudidaya yang menjadi mitra di eFishery. Seperti diketahui eFishery yang berfokus di bidang akuakultur mempunyai peran dalam menjaga ketahanan pangan dalam keadaan pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Selain membantu para pembudidaya ikan dalam meningkatkan produktifitas dan kualitas budi dayanya, eFishery juga mendistribusikan hasil panennya sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas. Selain itu, kerja sama ini dinilai akan memberikan dampak positif mensejahterakan para pembudidaya ikan, hal tersebut sejalan dengan prinsip keuangan syariah yaitu memberikan dampak positif kepada sesama.

“Selain aspek bisnis, kami di eFishery selalu melihat berbagai kerja sama harus mendatangkan manfaat kepada lingkungan, karena kami percaya kerjasama seperti ini akan menghasilkan hasil yang baik dan berkesinambungan”, ujar Gibran Huzaifah CEO eFishery, dalam keterangan resminya, Sabtu (18/4/2020).

Penerapan kerja sama dengan Alami juga dilakukan dengan akad syariah yaitu Murabahah. Untuk menjaga kualitas pembiayaan, Alami dan eFishery menerapkan credit scoring yang ketat dengan melihat data dari lot, aplikasi, serta data lapangan milik eFishery.

Setelah itu Alami pun mengkurasi kembali dengan analisa mendalam agar pembiayaan yang diberikan semakin berkualitas guna menjaga NPF (Non Peforming Finance) tetap 0% atau jika pada industri fintek menggunakan pengukuran TKB90 agar tetap 100%. Situasi pandemi global ini tidak menjadi penghalang bagi Alami untuk terus berkontribusi dalam memajukan keuangan syariah. Situasi ini juga semakin mendorong Alami untuk memperkuat para UMKM dalam berkembang.

“Justru dalam situasi seperti ini kami harus menjadi teman para UMKM agar dapat terus berkembang, situasi ini juga tidak membuat kami berhenti menyalurkan pembiayaan kepada UMKM-UMKM berkualitas lainnya di Indonesia. Kami saat ini berfokus kepada sektor-sektor yang memberikan manfaat dalam situasi pandemi ini seperti makanan, kesehatan, dan logistik,” ujar Dima, CEO Alami.

Memperkuat UMKM dilakukan Alami juga dengan prosedur credit scoring yang ketat. Tentunya hal ini dilakukan Alami agar kualitas pembiayaan yang tersedia di dalam platform selalu terjaga dengan baik kualitasnya sehingga dapat menjaga kepercayaan para pendana (funder) yang melakukan pendanaan di Alami.

Sampai saat ini, TKB90 Alami berada di level 100%. Alami dengan produknya invoice financing bisa dijadikan pilihan bagi para pemberi dana (funder) untuk memutarkan uangnya dengan tenor jangka pendek (1-3 bulan) serta imbal hasil yang kompetitif dan sesuai syariah. Dalam menjaga kualitas pembiayaan, Alami melakukan analisa secara mendalam untuk meminimalisirkan resiko dalam keadaan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper