Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonom: Pemangkasan Suku Bunga Bisa Jadi 'Obat Kuat' Ekonomi

Suku bunga acuan bisa diturunkan karena posisi nilai tukar rupiah yang relatif stabil dan inflasi yang hingga saat ini masih terkendali.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  11:56 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan penjelasan pada jumpa pers terkait Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Jakarta, Kamis (17/1). Bisnis - Nurul Hidayat
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan penjelasan pada jumpa pers terkait Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Jakarta, Kamis (17/1). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Kajian Strategis (IKS) Universitas Kebangsaan Republik Indonesia memproyeksikan Bank Indonesia (BI) akan memangkas BI 7-DRRR sebesar 25 bps menjadi 4,25 persen pada bulan ini.

Peneliti Ekonomi Senior IKS Eric Alexander Sugandi suku bunga acuan bisa diturunkan karena posisi nilai tukar rupiah yang relatif stabil dan inflasi yang hingga saat ini masih terkendali.

"Dengan pemangkasan BI 7-DRRR ini, BI memberikan bantuan dari sisi moneter untuk dorong pertumbuhan ekonomi," kata Eric, Senin (18/5/2020).

Berdasarkan catatan IKS, nilai tukar rupiah berdasarkan JISDOR BI menguat dari Rp15.009 per dolar AS menjadi Rp14.909 per dolar AS.

Tingkat inflasi hingga April 2020 pun tercatat cenderung rendah dan tidak sejalan dengan tren tahun-tahun sebelumnya.

Inflasi pada April tercatat hanya sebesar 0,08 persen (mtm) lebih rendah dari bulan yang sama tahun lalu tahun lalu sebesar 0,44 persen (mtm).

Secara tahunan, inflasi April 2020 pun juga tercatat hanya sebesar 2,67 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan April tahun lalu mencapai 2,96 persen (yoy).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Rupiah Inflasi suku bunga acuan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top