Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Potensi Pasar KPR Besar, BTN Bidik Kaum Milenial

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut ada 81 juta orang di segmen generasi milenial yang belum memiliki rumah.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 21 Juni 2020  |  12:26 WIB
Pengunjung mencari informasi mengenai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia Properti Expo (Ipex) 2020 di Jakarta, Minggu (16/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Pengunjung mencari informasi mengenai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia Properti Expo (Ipex) 2020 di Jakarta, Minggu (16/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. merengkuh generasi milenial karena melihat potensi pasar kredit pemilikan rumah (KPR) sangat besar.

Direktur Human Capital, Legal & Compliance Bank BTN Yossi Istanto mengatakan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut ada 81 juta orang di segmen generasi milenial yang belum memiliki rumah atau setara 31 persen dari jumlah populasi di Indonesia.

“Untuk masuk segmen tersebut, diperlukan komunikasi yang tepat dengan program pembiayaan yang sesuai dengan gaya hidup dan gaya berpikir milenial,” katanya Jumat (19/6/2020).

Upaya membidik generasi milenial dilakukan BTN sejak 2018 melalui produk KPR Gaess. Pada awal 2020 produk ini dilakukan rebranded menjadi KPR Gaesss for Millenials.

KPR Gaess for Millenias hadir juga di website www.btnproperti.co.id untuk memudahkan para milenial yang dikenal sebagai tech savvy. “Kami sengaja memasukkan program tersebut di situs resmi Bank BTN khusus KPR sebagai bagian dari digitalisasi, sehingga KPR from Home bisa dinikmati oleh para milenial,” kata Yossi.

Sebagai informasi, KPR Gaesss For Millenials merupakan kredit untuk pemilikan hunian bagi kaum milenial berusia 21-35 tahun. Bank BTN memberikan tawaran atau gimmick menarik diantara uang muka (down payment/DP) mulai dari 1 persen, bebas biaya admin, suku bunga single digit, diskon provisi 50 persen, dan jangka waktu kredit hingga 30 tahun.

Adapun, BTN meraih TOP Brand Award 2020 sebagai KPR Pilihan Milenial untuk kategori KPR. Pencapaian tersebut merupakan hasil inovasi Bank BTN dalam mengemas dan mengkomunikasikan produk KPR dengan program dan skema yang menarik bagi generasi milenial, di antaranya Program KPR Gaesss for Millenial.

Yossi menuturkan hal ini adalah apresiasi yang membanggakan bagi perseroan.

"KPR Gaess for Millenial merupakan salah satu produk kami dan kebetulan pegawai kami 80 persen milenial dan ini merupakan bonus demografi. Di era pandemi ini kami juga melakukan improvement yang lebih cepat dengan digitalisasi yaitu dengan KPR From Home sehingga proses approval bisa dilakukan di rumah saja dan kami akan terus mengembangkannya,"kata Yossi.

Penghargaan tersebut diterima Bank BTN berdasarkan hasil penilaian dari Tim Riset Warta Ekonomi dengan metode kuantitatif menggunakan teknik riset online survey melalui aplikasi mobile dan bekerja sama dengan Jakpat dengan jumlah responden sebanyak 5000 responden.

Kriteria responden adalah usia 18-35 tahun yang merupakan konsumen barang dan jasa di setiap sub kategori produk yang telah diseleksi berdasarkan kriteria tertentu. Responden memiliki latar belakang pendidikan minimal SMA, dengan socioeconomic status A sampai C.

Survei ini dilakukan di seluruh wilayah indonesia pada Maret hingga Mei 2020. Penentuan merek dalam Millenial’s Top Brand Award 2020 didasarkan pada konsep brand awareness, brand values, dan brand recall. Merek yang terpilih merupakan merek terbanyak yang dipilih oleh para milenial dan memiliki tingkat loyalitas dan rekomendasi yang tinggi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn kpr generasi milenial
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top