Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sejumlah pekerja beraktivitas di Proyek Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020). ANTARA FOTO -  Fakhri Hermansyah
Premium

Semester I/2020, Ini Emiten Asuransi Milik Konglomerasi Paling Mampu Tumbuhkan Laba

08 September 2020 | 15:34 WIB
Perusahaan asuransi yang dikendalikan Grup Salim dan Grup Lippo menjadi emiten yang paling ciamik meracik strategi di tengah tekanan pandemi Covid-19. Upaya emiten ini membuahkan pertumbuhan laba pada semester I/2020 meski ekonomi tengah tertekan.

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja emiten di sektor sektor asuransi tak luput dari dampak pandemi Covid-19 sepanjang paruh pertama 2020. Namun, di tengah tekanan dahsyat ini sejumlah emiten asuransi masih mampu menunjukkan performa menarik.

Sebagai bagian dari ekonomi, sektor asuransi turut merasakan dampak dari kondisi ekonomi Indonesia pada kuartal II/2020 yang terkoreksi 5,32 persen secara year on year (yoy). Adapun, premi perusahaan asuransi umum secara total pada paruh pertama turun 6,1 persen yoy menjadi Rp37 triliun.

Sejalan dengan itu, kumulasi pendapatan premi bruto dari 14 emiten asuransi umum dan asuransi jiwa yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yang dihimpun Bisnis juga turun 1,55 persen. Pendapatan bruto perusahaan secara yoy pada semester I/2020 menjadi Rp10,96 triliun. Sementara itu, klaim premi bruto meningkat 6,99 persen yoy menjadi Rp3,7 triliun.

Sepanjang periode yang sama, total laba bersih emiten asuransi di Bursa Efek Indonesia (BEI) turut mengalami tekanan, bahkan lebih besar dari penurunan pendapatan premi. Total laba bersih 14 emiten tersebut turun 33,23 persen yoy menjadi Rp463,12 miliar.

Beberapa emiten asuransi yang tercatat di BEI tersebut, di antaranya PT Victoria Insurance Tbk. (VINS), PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. (TUGU) milik Pertamina, PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (MREI) yang terafiliasi dengan AJB Bumiputera 1912, PT Asuransi Ramayana Tbk. (ASRM), PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (LIFE), dan PT Asuransi Dayin Mitra Tbk. (ASDM).

Selain itu, terdapat pula PT Asuransi Kresna Mitra Tbk. (ASMI), PT Asuransi Bintang Tbk. (ASBI), PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk. (AMAG), PT Asuransi Binda Dana Arta Tbk. (ABDA), PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk. (AHAP) sebagai bagian konglomerasi Salim, PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI) milik grup Lippo, PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk. (MTWI), dan PT Asuransi Jasa Tania Tbk. (ASJT).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top